Sejarah Dunia: Ketika Ajang Olimpiade Menjadi Arena Operasi Agen CIA

By Tri Wahyu Prasetyo, Senin, 5 Agustus 2024 | 12:27 WIB
Anggota tim AS berpartisipasi dalam upacara pembukaan di Olimpiade 1960 di Roma. (Via Smithsonian Magazine)

Nationalgeographic.co.id—Al Cantello adalah seorang atlet Olimpiade yang perjalanan hidupnya berbelok tajam pada akhir tahun 1959. Pelempar lembing ini menerima panggilan telepon dari seseorang misterius, yang memintanya untuk bertemu di Willard Hotel, Washington, D.C.

Tanpa tahu apa alasan pastinya, Cantello menyetujui pertemuan tersebut. Kisah Cantello adalah salah satu contoh bagaimana orang bisa terjun ke dunia yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya dalam catatan sejarah dunia.

Perjalanan Awal Cantello

Cantello adalah salah satu nama besar dalam atletik Amerika Serikat, khususnya dalam cabang lempar lembing. Pada Olimpiade 1960 di Roma, Cantello membawa harapan besar untuk negaranya.

Sebagai seorang atlet Olimpiade, Cantello telah menjalani berbagai latihan keras dan kompetisi intens untuk mencapai prestasi gemilang. Namanya dikenal luas di kalangan atletik, terutama setelah tampil dalam upacara pembukaan Olimpiade 1960 di Roma.

Foto surat kabar tahun 1959 tentang Cantello. (Via Smithsonian Magazine)

Pada bulan Desember 1959, Cantello menerima panggilan telepon yang misterius. Orang yang menghubunginya meminta untuk bertemu pada sebuah hotel di Washington, D.C.Untuk alasan yang tidak bisa ia jelaskan kemudian, Cantello setuju untuk bertemu dalam pertemuan rahasia tersebut.

"Ketika Cantello tiba, ia menemukan sebuah ruangan gelap dengan begitu banyak bayangan sehingga ia merasa seperti berada di lokasi syuting film B. Pria yang tidak disebutkan namanya yang ditemui Cantello berbicara dengan aksen yang tidak dapat ditebak oleh sang atlet, tetapi ia yakin orang asing itu bukan penutur asli bahasa Inggris," tulis Erik Ofgang, seorang koresponden sejarah yang mendalami kisah ini, pada laman Smithsonian Magazine.

Pertemuan di Willard Hotel inilah yang menjadi titik awal perjalanan Cantello ke dunia mata-mata yang penuh dengan rahasia dan intrik, sebuah bab menarik dalam sejarah dunia saat itu.

Dari atlet menjadi agen

Mengapa seorang atlet seperti Cantello bisa dilibatkan dalam operasi mata-mata? Konteks situasi dunia pada akhir 1950-an dan awal 1960-an, terutama dalam masa Perang Dingin, memberikan sedikit petunjuk.

Baca Juga: Awal Mula Hercules Menggelar Olimpiade Pertama dalam Mitologi Yunani