Selisik Enochian, Bahasa Malaikat nan Misterius dari Abad ke-16

By Sysilia Tanhati, Minggu, 11 Agustus 2024 | 08:00 WIB
Enochian adalah bahasa misterius yang ditulis oleh John Dee dan Edward Kelley, seorang okultis abad ke-16, dalam jurnal pribadi mereka (British Library)

Nationalgeographic.co.id—Enochian adalah bahasa misterius yang ditulis oleh John Dee dan Edward Kelley, dua orang okultis abad ke-16, dalam jurnal pribadi mereka. Mereka mengeklaim bahwa ‘bahasa surgawi’ ini memungkinkan para pesulap dan okultis untuk berkomunikasi dengan alam malaikat.

Pada tahun 1581, John Dee dan Edward Kelley mengeklaim telah menerima komunikasi dari para malaikat. Peristiwa itu memberi mereka dasar-dasar bahasa untuk berkomunikasi dengan ‘dunia lain’.

Bahasa ‘malaikat’ ini memiliki alfabet, tata bahasa, dan sintaksisnya sendiri, yang mereka tulis dalam jurnal. Bahasa baru itu disebut "Enochian".

Bahasa Enochian mengandung banyak mitos dan cerita. Subjek ini cukup mendalam untuk dibahas oleh para profesor perguruan tinggi dan cukup rumit bagi para mahasiswa untuk mencari bantuan untuk mempelajarinya. Apakah bahasa ini benar-benar bahasa 'malaikat'?

John Dee, ahli ilmu gaib yang berpengaruh

Dr. John Dee, 1527-1609 adalah ahli ilmu gaib, matematikawan, astronom, dan astrolog yang tinggal di Mort Lake, London Barat. Seorang pria terpelajar yang bersekolah di St. John's College di Cambridge, ia akhirnya diterima di kalangan elite penguasa yang berpengaruh. Dee bertindak sebagai penasihat ilmiah dan orang kepercayaan Ratu Elizabeth I.

Ia dikenal sebagai pencetus istilah Kerajaan Inggris. Di awal hidupnya, Dee kurang tertarik pada hal-hal gaib. Kemudian, ia menjadi kecewa dengan sains dan mulai bereksperimen dengan ilmu sihir dan ilmu gaib.

Dee ingin menemukan kembali pengetahuan spiritual yang hilang dan memulihkan kebijaksanaan yang ia yakini tersembunyi dalam buku-buku kuno. Di antara buku-buku ini terdapat Kitab Henokh yang saat itu masih menjadi legenda.

“Dee menganggapnya sebagai buku yang menggambarkan sistem sihir yang digunakan oleh Patriark dalam Alkitab,” tulis Bryan Hill di laman Ancient Origins.

Enochian, bahasa malaikat

Istilah Enochian berasal dari tokoh Alkitab Henokh, yang merupakan sumber pengetahuan mistis yang tersembunyi dan diangkat ke Surga.

Baca Juga: Bahasa Apa yang Digunakan Bangsa Troya dalam Mitologi Yunani?