Sejarah Dunia: Fakta Menarik Menara Eiffel yang Jadi Ikon Kota Paris

By Sysilia Tanhati, Senin, 12 Agustus 2024 | 11:26 WIB
Menara Eiffel adalah salah satu monumen paling ikonik di dunia. Berusia lebih dari 130 tahun, Menara Eiffel menyimpan sejarah yang menarik. (Trougnouf /CC BY 4.0)

Nationalgeographic.co.id—Menara Eiffel adalah simbol utama Kota Paris, menjulang tinggi di atas kota dengan struktur kisi khasnya yang melengkung ke atas. Pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia, Menara Eiffel menjadi simbol kecerdasan dan modernitas selama abad ke-20.

Sejak dibangun, menara ini telah menjadi ikon Paris yang tak ada duanya dan bersejarah. “Menara ikonik ini telah menarik jutaan wisatawan setiap tahun,” tulis Elizabeth Berry di laman The Collector.

Menara Eiffel juga dapat dilihat dari sebagian besar kota Paris, menjadikannya lambang penting bagi orang-orang yang tinggal di sana. Mari kita lihat beberapa fakta paling menarik dan tidak biasa tentang Menara Eiffel untuk merayakan keajaiban teknik arsitektur ini.

Dirancang oleh Gustave Eiffel

Menara Eiffel dirancang oleh insinyur terhormat Gustave Eiffel. Ia mengelola bengkel yang sibuk di Levallois Perret, dekat Paris. Perusahaan tekniknya mengkhususkan diri dalam rangka logam. “Banyak di antaranya menampilkan kisi-kisi logam yang sama seperti yang terlihat di Menara Eiffel,” tambah Berry.

Beberapa konstruksinya yang paling terkenal termasuk Jembatan Porto di Portugal, Jembatan Garabit di Prancis, dan rangka logam untuk Patung Liberty.

Eiffel memenangkan kompetisi terbuka untuk mendesain Menara Eiffel. Menara tersebut menjadi puncak kejayaan selama Pameran Dunia Paris tahun 1889.

Baca Juga: Sejarah Menara Eiffel: dari Kontroversi hingga Mendulang Ketenaran

Butuh waktu 22 Bulan untuk menyelesaikan Menara Eiffel

Pembangunan Menara Eiffel memakan waktu sekitar 22 bulan untuk menyelesaikannya. “Suatu prestasi yang luar biasa untuk masa ketika para pekerja memiliki jauh lebih sedikit mesin dan peralatan,” ungkap Berry.

Ajaibnya, mengingat betapa tingginya pekerja harus memanjat, tidak ada yang tewas atau terluka selama pembangunan menara.

Menara Eiffel terbuat dari besi