Indonesia Juara Umum Ajang International Geography Olympiad 2024

By National Geographic Indonesia, Senin, 26 Agustus 2024 | 17:00 WIB
Empat pelajar yang mewakili Indonesia dalam ajang 20th International Geography Olympiad (iGeo) 2024: Nareswari Tarisa Kirana asal SMA Pribadi Bandung, Rhesa Narayana Rasmara asal SMA Negeri 2 Tangerang Selatan, Ahmad Fauzan Mubarok asal SMA Negeri 21 Jakarta, dan Adelio Rasendriya Hafindika asal SMA Pradita Dirgantara Boyolali. (Tim Olimpiade Geografi Indonesia)

Nationalgeographic.co.id—"Sebenarnya saya cukup terkejut bisa mendapat medali, karena pada saat mengerjakan soal sebetulnya masih ada keraguan juga, tapi Alhamdulillah bisa menorehkan prestasi untuk Indonesia," ujar Rhesa Narayana Rasmara. Siswa kelas 12 itu tampaknya merasa terkejut dirinya bisa mempersembahkan medali emas untuk Indonesia. 

Pelajar Indonesia kembali menorehkan prestasi di kancah internasional, kali ini diraih pada ajang bergengsi Olimpiade Geografi tingkat Internasional ke-20 atau 20th International Geography Olympiad (iGeo) 2024. Ajang ini berlangsung pada 19-24 Agustus 2024 di Dublin, Irlandia.

Indonesia berhasil meraih tiga medali emas dan satu medali perunggu serta juara dua poster competition pada kompetisi yang diikuti oleh 183 peserta dari 46 negara. Dengan raihan tersebut, Indonesia berhasil menyabet gelar sebagai juara umum pada tahun 2024.

Empat pelajar yang mewakili Indonesia dalam ajang IGeO adalah Adelio Rasendriya Hafindika (SMA Pradita Dirgantara Boyolali), Nareswari Tarisa Kirana (SMA Pribadi Bandung), Rhesa Narayana Rasmara (SMA Negeri 2 Tangerang Selatan), dan Ahmad Fauzan Mubarok (SMA Negeri 21 Jakarta).

Empat pelajar tersebut telah melalui serangkaian proses seleksi berjenjang yang ketat mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional dilanjutkan dengan Tahapan Pembinaan.

Keempat medali tersebut terdiri dari tiga medali emas diraih oleh Adelio Rasendriya Hafindika dari SMA Pradita Dirgantara Boyolali, Rhesa Narayana Rasmara dari SMA Negeri 2 Tangerang Selatan, dan Ahmad Fauzan Mubarok dari SMA Negeri 21 Jakarta. Sedangkan satu medali perunggu diraih oleh Nareswari Tarisa Kirana dari SMA Pribadi Bandung.

Menceritakan pengalamannya saat berkompetisi, Adelio menambahkan, negara-negara lain sangat kompetitif dan banyak negara hebat lainnya yang juga bersaing pada ajang olimpiade ini.

"Saingan paling berat itu Romania dan untuk Asia, ada Singapura," ujarnya. Selain itu, menurut Ahmad yang menjadi tantangan dalam mengikuti iGeo adalah perbedaan kondisi cuaca di Dublin yang cenderung lebih dingin walaupun saat ini sedang musim panas.

Sebelum berangkat ke Dublin, keempat peserta diberi pembinaan oleh asisten dan dosen dari beberapa perguruan tinggi, diantaranya dari Fakultas Ilmu Kebumian, Institut Teknologi Bandung (ITB); Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada (UGM), dan; Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), serta para alumni peserta IGeO yang telah mengikuti ajang ini pada tahun sebelumnya.

"Saya belajar selama kurang lebih satu tahun untuk olimpiade ini dan saya tentunya lebih banyak berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa," ujar Nareswari. 

IGeO 2024 berlangsung dalam tiga babak tes, yaitu Written Response Test (WRT/tes tertulis) yang menantan para peserta mengerjakan tes secara tertulis dalam durasi waktu tertentu.

Baca Juga: Mengenal Al-Khawarizmi, Ilmuwan Muslim Jenius Penemu Aljabar