Lenyapnya Peradaban Minoa dan Legenda Atlantis dalam Mitologi Yunani

By Ricky Jenihansen, Senin, 2 September 2024 | 08:00 WIB
Ilustrasi peradaban Minoa. Kejatuhan peradaban Minoa terjadi sekitar tahun 1450 SM ketika bangsa Yunani Mycenaean menaklukkan Kreta. (FOS Media)

Nationalgeographic.co.id—Dalam banyak literatur, peradaban Minoa dikaitkan dengan legenda Atlantis dalam mitologi Yunani. Meski diperbedatkan, tapi kedua peradaban itu memang lenyap tanpa menyisakan jejak. Menurut catatan ahli sejarah, kejatuhan peradaban Minoa terjadi sekitar tahun 1450 SM ketika bangsa Yunani Mycenaean menaklukkan Kreta.

Hal ini membawa perubahan besar di Mediterania Tengah dan Timur, tempat bangsa Minoa telah lama menjadi kekuatan perdagangan yang dominan.

Dengan perubahan besar seperti itu, tidak mengherankan jika hal ini diingat dengan baik oleh generasi selanjutnya. Akan tetapi, apakah ada contoh cerita dalam mitologi Yunani yang menggambarkan kejatuhan peradaban Minoa?

Theseus dan Raja Minoa

Satu cerita dari mitologi Yunani yang diyakini beberapa ahli menggambarkan kejatuhan bangsa Minoa adalah legenda Theseus dan Raja Minoa.

Menurut legenda, Raja Minoa memerintah dari kota Knossos di Kreta. Kekuasaannya meliputi seluruh Kreta dan juga Cyclades.

Bangsa Kreta telah memberlakukan upeti yang berat kepada Athena. Raja Minoa meminta raja Athena untuk mengiriminya tujuh anak laki-laki dan tujuh anak perempuan setiap sembilan tahun.

Bangsa Kreta menangkap mereka dan menjebak mereka di Labirin Knossos. Di sana, Minotaur akan membunuh mereka.

Theseus adalah seorang pangeran Athena yang berhasil membunuh Minotaur dan kemudian melarikan diri dari labirin. Dengan demikian, ia mengakhiri perlakuan buruk Minoa terhadap orang Athena.

Menurut beberapa peneliti, legenda dari mitologi Yunani ini mungkin berasal dari kejatuhan bangsa Minoa. Bagaimanapun, legenda ini menggambarkan kejatuhan semacam kekuatan Kreta di tangan seorang pangeran Yunani.

Apakah legenda dalam mitologi Yunani ini benar-benar tentang kejatuhan bangsa Minoa?

Baca Juga: Mitologi Yunani: Simbolisme dan Ikonografi Zeus Sang Pengendali Alam