Sejarah Dunia: Jadi Sebenarnya Apa Penyebab Kematian Bruce Lee?

By Sysilia Tanhati, Selasa, 10 September 2024 | 14:00 WIB
Dalam sejarah dunia, Bruce Lee merupakan tokoh yang sangat populer. Kematiannya merupakan pukulan telak bagi dunia seni bela diri dan perfilman. Ada banyak rumor terkait kematiannya, mulai dari kutukan hingga dibunuh oleh Triad. (Johnson Lau/CC BY-SA 2.5)

Nationalgeographic.co.id—Dalam sejarah dunia, Bruce Lee merupakan tokoh yang sangat populer. Kematiannya pada 20 Juli 1973 di usia 32 tahun merupakan pukulan telak bagi dunia seni bela diri dan perfilman.

Kematian tersebut juga merupakan tragedi yang tak terlukiskan bagi keluarganya yang masih muda. Ia meninggalkan seorang istri, putra berusia 8 tahun, dan putri berusia 4 tahun.

Bruce Lee dipuja karena keatletisannya di layar kaca. Salah satu ciri khasnya di awal adegan perkelahian adalah menegangkan otot-otot lateralnya. “Otot-otot itu membuatnya tampak membesar seperti ular kobra,” tulis S. Flannagan di laman Grunge.

Berita bahwa seorang bintang meninggal dunia saat sedang dalam kondisi prima sulit untuk dipercaya. Terutama oleh penggemarnya.

Sang aktor dilaporkan meninggal dunia setelah mengalami reaksi alergi terhadap obat-obatan, yang menyebabkan pembengkakan otak. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pembengkakan tersebut disebabkan oleh hiponatremia atau keracunan air.

Kematian sering kali mengubah selebritas menjadi ikon. Karya dan kematian Bruce Lee menjadi mitologi dalam budaya populer. Ia meninggal sebelum perilisan Enter the Dragon. Berita tragis tentang kematiannya membangkitkan minat besar terhadap film dan bintangnya yang telah meninggal.

Meskipun penyebab resmi kematiannya dipublikasikan, banyak rumor terkait penyebab kematian Bruce Lee. Ada yang berpendapat bahwa ia dibunuh oleh Triad, dikutuk, hingga diracun oleh sang gundik.

1. Dibunuh oleh Triad

Mungkin ketika menyangkut kematian menyedihkan dari ikon sinema terhebat, penggemar mencari penyebab yang sama sinematiknya. Dorongan semacam itu mungkin menjelaskan salah satu teori konspirasi yang paling umum dianut seputar kematian Bruce Lee: ia dibunuh oleh Triad.

Triad adalah berbagai sindikat kejahatan terorganisasi yang samar dan geng berbahaya yang muncul dari perkumpulan rahasia Tiongkok abad ke-18. Pada abad ke-20, mereka memberikan pengaruh besar di seluruh Asia dan sekitarnya.

Triad khususnya dikaitkan dengan Hong Kong, tempat Bruce Lee dibesarkan sejak kecil, setelah lahir di San Francisco. Di perfilman Hong Kong pula ia pertama kali menjadi bintang film seni bela diri.

Baca Juga: Aktor Bela Diri Bruce Lee Meninggal karena Minum Air Terlalu Banyak?