Lima Pelajaran untuk Meningkatkan Skala Konservasi Secara Sukses

By Utomo Priyambodo, Senin, 16 September 2024 | 16:05 WIB
Ilustrasi lima pelajaran dalam upaya meningkatkan skala konservasi dari berbagai upaya konservasi yang telah dilakukan di seluruh dunia. (Needpix.com)

Nationalgeographic.co.id—Skala konservasi perlu ditingkatkan secara sukses untuk melindungi alam. Sebuah makalah studi baru mengambil pelajaran dari seluruh dunia untuk menunjukkan bagaimana hal itu dapat dilakukan.

Untuk membalikkan hilangnya keanekaragaman hayati dan memenuhi target global yang ambisius, program konservasi yang dirancang untuk melestarikan segala hal mulai dari hutan hingga ikan perlu bekerja 'dalam skala besar'.

Peningkatan skala dapat berarti tiga hal. Peningkatan skala 'keluar' berarti memperluas program ke orang-orang dan tempat baru, sementara peningkatan skala 'atas' berarti melibatkan lembaga tingkat tinggi, seperti pemerintah yang memperkenalkan kebijakan atau insentif yang memudahkan individu dan perusahaan swasta untuk terlibat.

Peningkatan skala 'dalam' berarti mengubah hati dan pikiran--apa yang dapat diterima secara sosial. Contoh yang sangat bagus dari peningkatan skala adalah kampanye 'Jangan Main-main dengan Texas' pada tahun 1980-an, yang berhasil menjadikan membuang sampah sembarangan sebagai hal yang tidak boleh dilakukan secara sosial.

Namun, tidak semua upaya untuk memperluas program percontohan dalam satu atau beberapa arah ini berhasil. Kini, tim Catalysing Conservation yang dipimpin oleh peneliti Morena Mills di Imperial College London telah meninjau inisiatif konservasi di seluruh dunia dengan para pakar global dan menemukan lima pelajaran untuk menghindari jebakan perluasan yang tidak efektif.

Makalah hasil enelitian ini telah terbit baru-baru ini di jurnal Nature Ecology & Evolution. Dua orang dari tim penulis makalah tersebut, Thomas Pienkowski dan Matthew Clark, keduanya dari Centre for Environmental Policy di Imperial, mengatakan pelajaran ini bukanlah jalan pintas dalam upaya meningkatkan skala konservasi, tetapi pelajaran agar kita tidak mengulangi kesalahan yang sama.

"Tidak ada jalan pintas--ini bukan soal 'lakukan lima hal ini dan Anda akan berhasil'--tetapi kami berharap pelajaran ini akan memungkinkan refleksi tentang apa yang tidak berhasil, dan ke mana kita harus melangkah dari sini," ujar Clark seperti dikutip dari keterangan tertulis Imperial College London.

Berikut ini adalah lima pelajaran untuk meningkatkan skala konservasi menurut hasil penelitian tersebut.

1. Harus ada keseimbangan antara apa yang efektif dan apa yang dapat ditingkatkan

Misalnya Anda memiliki program percontohan yang bekerja dengan masyarakat pesisir untuk melindungi ikan dan sumber daya laut lainnya, yang bertujuan untuk meningkatkan ekologi dan ekonomi lokal. Kemudian banyak masyarakat tetangga mengikuti program tersebut.

Hebat! Ini adalah perluasan skala, tetapi apakah ini benar-benar efektif?

Baca Juga: Habib Husein Ja'far: Islam Mengajarkan Konservasi Alam Sejak Lama