Sejarah Oktoberfest, Awalnya Merupakan Perayaan Pernikahan Kerajaan

By Sysilia Tanhati, Senin, 7 Oktober 2024 | 18:00 WIB
Oktoberfest adalah festival bir terbesar di dunia dan perayaan budaya Bavaria. (Usien/CCO)

Nationalgeographic.co.id—Oktoberfest adalah festival bir terbesar di dunia dan perayaan budaya Bavaria. Setiap tahun, lebih dari 6 juta pengunjung datang ke Munich untuk menghadiri acara luar biasa ini. Pengunjung menikmati makanan tradisional, bir, dan bersenang-senang. Namun bagaimana asal-usul festival tahunan yang meriah ini?

Diselenggarakan di ruang terbuka “Theresienwiese”, Oktoberfest menyediakan tenda bir besar dan serangkaian acara seru untuk menghibur pengunjung. 

Kapan dan di mana Oktoberfest berlangsung?

Munich adalah kota terbesar ketiga di Jerman dan kota terpadat di negara bagian Bavaria. Kota ini juga menjadi tuan rumah perayaan. Setiap tahun, Oktoberfest dimulai pada bulan September dan berakhir pada hari Minggu pertama bulan Oktober. "Festival ini menawarkan para pesertanya pengalaman budaya yang unik selama dua minggu," tulis Polina Grmanova di laman The Collector.

Dikenal di kalangan penduduk setempat sebagai d'Wiesn, Oktoberfest sangat megah sehingga menyediakan tur berpemandu. Tur ini memberikan wawasan tentang sejarah festival dan maknanya bagi warisan budaya Jerman. Selain itu, Oktoberfest gratis untuk semua orang. 

Pada tahun 1896, pabrik bir lokal Munich bergabung dengan Oktoberfest. (Markburger83/CC BY-SA 3.0)

Asal-usul Oktoberfest

Festival yang meriah ini merupakan tradisi lama yang dimulai pada tahun 1810. Semuanya berawal sebagai perayaan pernikahan antara Pangeran Ludwig (calon Raja Ludwig I) dan Putri Therese. Perayaan pernikahan berlangsung beberapa hari, menyediakan pesta besar dan hiburan bagi warga. "Meskipun bir menjadi bagian darinya, fokus acaranya adalah pada pacuan kuda," tambah Grmanova.  

Karena acara ini sangat sukses di kalangan penduduk setempat, para bangsawan menjadikannya tradisi tahunan. Sejak saat itu, Oktoberfest menjadi bagian penting dari budaya Jerman. Pada tahun 1896, pabrik bir lokal Munich bergabung dengan festival ini. Hal ini membawa perubahan signifikan pada cara Oktoberfest. Pacuan kuda hanya berlanjut hingga tahun 1960.

Bir khusus yang disediakan setiap Oktoberfest

Apa yang membuat festival ini begitu unik? Tentu saja Oktoberfestbier! Oktoberfestbier adalah bir Jerman yang kuat, yang dibuat khusus untuk festival ini. Hanya enam pabrik bir tertentu di Munich yang memiliki izin untuk menyajikannya, sehingga menjadikannya pengalaman festival yang penting. 

Baca Juga: Kisah Asal Mula Bir Lager Pertama Kali Dikembangkan di Bavaria