Iphigenia, Tokoh Wanita Paling Misterius dalam Mitologi Yunani

By Ricky Jenihansen, Jumat, 4 Oktober 2024 | 18:52 WIB
Penggambaran Pengorbanan Iphigenia terinspirasi oleh kisah mitologi Yunani (1757) karya Giovanni Battista Tiepolo. (Wikimedia Commons/Public Domain)

Nationalgeographic.co.id—Iphigenia adalah tokoh paling misterius yang diketahui dalam mitologi Yunani. Nama Iphigenia identik dengan tragedi dalam mitologi Yunani serta konsep pengorbanan selama ribuan tahun.

Wanita yang memesona ini adalah tokoh yang benar-benar menawan dalam mitologi Yunani. Kisahnya lekat dengan kisah tentang pengorbanan, kesetiaan keluarga, dan campur tangan para dewa yang sangat krusial.

Sebagai putri dari Raja Agamemnon yang terkenal dan Ratu Clytemnestra, kisah hidup Iphigenia menjadi bab penting dalam momen epik Perang Troya.

Secara khusus, kisah keluarga Atreus telah memikat para penggemar budaya Yunani kuno selama berabad-abad.

Pengorbanan Iphigenia adalah momen yang menentukan

Kisah menarik tentang Iphigenia dimulai di kerajaan Mycenae. Di sana, sosok monumental dalam mitologi Yunani kuno ini lahir dalam sebuah garis keturunan yang telah ditandai oleh kesuksesan, kemuliaan, dan tragedi.

Ayahnya yang tercinta adalah Agamemnon yang terkenal, komandan pasukan gabungan Yunani selama Perang Troya yang legendaris yang membentuk sejarah Yunani hingga saat ini.

Saat orang-orang Yunani sedang mempersiapkan ekspedisi, mereka berkumpul di Aulis. Misi mereka sederhana, yaitu memulai perjalanan mereka ke Troya dan menyelesaikan tugas membawa kembali Helen, ratu Sparta.

Namun, sayangnya bagi mereka, mereka mendapati diri mereka menghadapi tantangan yang signifikan oleh angin yang tidak menguntungkan.

Saat itulah peramal terkenal, Calchas, memberi tahu orang-orang Yunani bahwa dewi Artemis marah atas keputusan tidak suci Agamemnon untuk membunuh seekor rusa suci.

Inilah alasan mengapa Artemis meminta sebuah pengorbanan, dan pengorbanan tersebut akan sangat menghancurkan.

Baca Juga: Kisah Para Wanita Rupawan yang Menjebak Odysseus di Mitologi Yunani