5 Novel Klasik Tak Lekang Waktu yang Terinspirasi dari Mitologi Yunani

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 19 Oktober 2024 | 12:00 WIB
Kepergian Ulysses dari Negeri Phaeacians. Setidaknya ada 5 novel klasik tak lekang waktu yang terinspirasi dari mitologi Yunani (Wikimedia Commons/Public Domain)

Nationalgeographic.co.id—Berikut 5 novel klasik tak lekang waktu yang terinspirasi dari mitologi Yunani. Karya tersebut telah diwariskan kepada pencinta sastra selama berabad-abad dan terus bergema di benak pembaca lintas generasi.

Karya-karya tersebut tidak hanya membentuk karya sastra saat ini, tetapi juga jati diri kita dan cara kita memandang dunia.

Sastra klasik memiliki akar yang sangat tua, berasal dari Yunani kuno. Karya-karya besar seperti The Iliad dan The Oddyssey yang ditulis oleh Homer, serta mitos-mitos Yunani kuno lainnya, telah memengaruhi dan membentuk beberapa karya sastra klasik yang dikenal hingga saat ini.

Selama berabad-abad, banyak penulis telah mengambil inspirasi dari mitologi Yunani kuno untuk menciptakan karya-karya terobosan mereka sendiri.

Mitos tentang dua belas Dewa dan tokoh-tokoh lain seperti Odysseus, Hercules, Prometheus, dan Eros telah memicu imajinasi baik penulis klasik maupun modern, mulai dari James Joyce hingga Oscar Wilde yang kontroversial.

Berikut adalah beberapa novel klasik yang berakar pada mitologi Yunani kuno dan pencinta sastra direkomendasikan membacanya setidaknya sekali seumur hidup.

Jadi, apa saja kelima novel klasik yang terinspirasi oleh mitologi Yunani ini?

1. Ulysses, karya James Joyce

James Joyce dianggap sebagai salah satu novelis Irlandia terhebat sepanjang masa, dan kekagumannya terhadap karya Homer sangat dalam.

Ia khususnya mengagumi Odysseus, yang ia lihat sebagai salah satu tokoh paling lengkap dan kompleks dalam literatur.

Perjalanan Odysseus yang menghabiskan sepuluh tahun dalam bahaya saat perjalanan pulang ke Ithaca setelah Perang Troya, mengilhami novel Ulysses karya Joyce tahun 1922. Judul novel tersebut merupakan bentuk latin dari Odysseus.

Baca Juga: Sejarah Sebagai Seni: Novel Pramoedya di Antara Realita dan Sastra