Di Australia, Pemakaman Umum Pun Bisa Dijadikan Tempat Wisata

By Lutfi Fauziah, Rabu, 9 Mei 2018 | 13:00 WIB
Taman Keabadian di Fawkner Memorial Park. (http://www.gmct.com.au)

Penulis: Connie Agius/Australia Plus

Apakah anda mau bersantai minum kopi di tengah kuburan atau membawa anak-anak anda main di dekat makam keluarga anda?

Kebiasaan itu dilakukan di negeri seperti Inggris atau Australia ketika Ratu Victoria masih berkuasa, dan sekarang beberapa orang di Australia berusaha mempopulerkan kembali kebiasaan tersebut.

Memang selama ini kuburan atau tempat pemakaman umum lebih sering diasosiasikan sebagai tempat yang menyedihkan, hal-hal berhubungan dengan kematian, dan bahkan angker.

Baca juga:

Pemakaman Umum Modern Tertua di Dunia Ada di Jakarta

Tempat Pemakaman Umum Fawkner Memorial Park yang terletak sekitar 20 km dari pusat kota Melbourne memiliki monumen bersejarah, taman yang dirawat dengan rapi, sebuah kafe dan juga dihubungkan dengan stasiun kereta.

TPU ini dibangun di tahun 1906 dan luasnya lebih dari 100 hektar.

Jacqui Weatherill dari Yayasan Greater Metropolitan Cemeteries Trust yang mengurusi berbagai TPU di Melbourne ingin agar lebih banyak TPU menarik mereka yang masih hidup untuk berkunjung.

Air mancur di taman TPU Fawkner Memorial Park. (http://www.gmct.com.au/)

"Mereka yang datang ke TPU sekarang bisa melihat kami memiliki tempat bermain anak-anak, mereka bisa minum kopi di cafe, atau membawa anjing jalan, naik sepeda, jogging, mereka bisa datang ke sini dan meditasi." katanya.

Weatherill mengatakan kuburan baru menjadi tempat yang menakutkan atau menyedihkan setelah Perang Dunia Pertama di tahun 1918.