Spesies Tikus Baru Ditemukan di Filipina, Asal-usulnya Masih Misterius

By Lutfi Fauziah, Kamis, 10 Mei 2018 | 17:00 WIB
Tikus lumut Palawanyang (Palawanosorex muscorum). ( The Field Museum/Danilo Balete)

Spesies tikus baru telah ditemukan hidup di ketinggian Gunung Mantalingahan di Pulau Palawan, Filipina. Temuan baru ini cukup membingungkan para peneliti karena evolusi spesies tersebut jauh lebih tua dibandingkan tempat hidupnya.

Tikus berwarna abu-abu dengan kaki depan besar dan ekor berbulu halus yang tak biasa ini diperkirakan terpisah secara evolusioner dari kerabat terakhirnya sekitar 10 juta tahun silam. Sementara itu, Gunung Mantalingahan berusia tak lebih dari lima juta tahun.

“Gunung itu merupakan satu-satunya tempat kami bisa menemukan spesies ini,” ujar Lawrence Heaney, salah satu penulis studi dan Kurator Mamalia Field Museum di Chichago.

Itu berarti tikus tersebut telah berkelana jauh dari habitat asalnya hingga mencapai lokasinya sekarang. Kerabat terdekat spesies baru tersebut—yang sebetulnya tak terlalu dekat, ditemukan di Afrika.

Tikus yang diberi nama Palawanosorex muscorum atau dikenal dengan nama umum tikus lumut Palawan itu pertama kali ditemukan tahun 2007, dalam ekspedisi untuk meneliti keanekaragaman hayati Gunung Mantalingahan.

Baca juga:

Gunung Api Paling Aktif di Eropa Semakin Bergeser ke Arah Laut

Para peneliti menemukan tikus lumut Palawan di hutan pada ketinggian antara 1.550-1.950 meter, sementara total ketinggian G. Mantalingahan adalah 2.086 meter.

Hewan pengerat tersebut gemar berdiam di serasah daun di antara pohon-pohon rendah bertabur anggrek dan pakis. Mereka sepenuhnya aktif di malam hari.

Dalam penelitian yang terbit tanggal 8 Mei 2018 di Journal of Mammalogy, para peneliti mendeskripsikan, tubuh tikus ini rata-rata panjangnya 9 cm dan beratnya mencapai 20 gram saat dewasa.

“Ciri khas yang membuat tikus ini unik adalah kaki depannya yang kuat dan bulu-bulu gelap yang menutupi ekornya. Kebanyakan tikus memiliki ekor yang diselimuti oleh kulit bersisik,” ujar Heaney.

Asal-usul yang misterius