Astronom Temukan Lubang Hitam yang Tumbuh Paling Cepat di Alam Semesta

By Lutfi Fauziah, Kamis, 17 Mei 2018 | 10:02 WIB
Ketika lubang hitam menelan bintang, mereka melepaskan ledakan energi yang membentuk suar dan mengan (NASA/JPL-Caltech)

Astronom menemukan lubang hitam dengan pertumbuhan tercepat di alam semesta. Objek langit ini melahap massa setara Matahari setiap dua hari sekali.

Berdasarkan data baru dari satelit Gaia milik European Space Agency, lubang hitam ini memiliki massa setara 20 juta kali massa Matahari dan bertumbuh satu persen setiap satu juta tahun.

“Lubang hitam ini tumbuh sangat cepat sehingga bersinar ribuan kali lebih terang dari keseluruhan galaksi, karena gas yang dihisapnya setiap hari menimbulkan banyak gesekan dan panas,” ujar Christian Wolf, astronom di Australian National University dan penulis utama studi.

Untungnya, lubang hitam rakus ini terletak cukup jauh dari Tata Surya kita, sehingga gesekan dan panas yang dihasilkan sangat kecil kemungkinan untuk sampai di sini.

Karena letaknya yang sangat jauh, cahaya yang dihasilkan oleh lubang hitam ini—yang berhasil dilihat—sebenarnya dihasilkan dari proses yang terjadi pada 12 miliar tahun yang lalu.

“Jika monster ini berada di pusat galaksi Bima Sakti, ia akan terlihat 10 kali lebih terang daripada bulan purnama. Lubang hitam ini akan tampak seperti bintang yang sangat terang dan menutupi cahaya semua bintang yang ada di langit,” ujar Wolf.

Baca juga: Ketika Galaksi Masif Bergabung dan Membentuk Inti Gugus Galaksi

Lubang hitam yang tumbuh paling cepat di alam semesta yang pernah ditemukan. Objek langit ini melahap massa setara Matahari setiap dua hari sekali. ( ESA/Hubble & NASA)

Energi yang dipancarkan lubang hitam tersebut sebagian besar ialah sinar ultraviolet, dan sebagian lainnya sinar-X.

“Sekali lagi, jika monster ini berada di pusat galaksi kita, ia bisa membuat kehidupan di Bumi menjadi mustahil, dengan jumlah sinar-X yang dipancarkannya,” tambah Wolf.

Wolf mengatakan bahwa Dia dan rekan-rekannya tidak tahu bagaimana lubang hitam ini bisa tumbuh begitu besar dan sangat cepat pada awal-awal pembentukan alam semesta.

Baca juga: Rencana NASA dan ESA Membawa Tanah Mars ke Bumi Untuk Selidiki Kehidupan Alien