Peneliti Temukan ‘Imigran Antarbintang’ Pertama di Sistem Tata Surya

By Gita Laras Widyaningrum, Selasa, 22 Mei 2018 | 10:48 WIB
BZ509 memiliki orbit yang tumpang tindih dengan Jupiter. Namun, ia bergerak mundur. (Large Binocular Telescope Observatory (LBTO))

Jika bisa melayang di atas bidang tata surya, Anda akan menyadari bahwa 99,9% objek berputar mengelilingi orbit matahari berlawanan dengan arah jarum jam. Ia digerakkan oleh debu dan gas yang melahirkan planet kita, asteroid, serta komet.

Namun, anehnya, dari total 779 ribu asteroid yang diketahui, 95 di antaranya bergerak melawan arus lalu lintas tata surya kita. Saat ini, dua peneliti membuat pernyataan yang kontroversial: salah satu dari asteroid ‘aneh’ tersebut – 2015 BZ509 – bergerak mundur dan searah jarum jam karena ia diadopsi dari sistem bintang lain.

“Saat mulai bekerja, kami tidak tahu bahwa itu adalah ruang antarbintang,” kata Fathi Namouni, astronom dari Côte d'Azur Observatory. Sebaliknya, Namouni dan Helena Morais, peneliti di Sao Paolo State University, awalnya mempelajari objek yang mengorbit matahari ke arah belakang, dengan harapan untuk mengungkap bagaimana sistem tata surya kita terbentuk -- seperti mencoba menyelesaikan misteri pembunuhan dengan meneliti bercak darah yang paling aneh di TKP.

Baca juga: Bagaimana Para Astronaut Menjalankan Salat dan Puasa di Luar Angkasa?

Dalam studi yang dipublikasikan pada Monthly Notices of the Royal Astronomica; Society: Letters, Namouni dan Morais berpendapat, BZ509 bergabung dengan sistem tata surya kita ketika dalam masa pertumbuhan. Ia menetap di orbit yang belum stabil sehingga berjalan di barisJupiter yang juga mengelilingi matahari.

Pada kasus ini, menurut mereka. BZ509 bisa jadi merupakan sepupu dari asteroid antar bintang ‘Oumuamua’, yang terlihat di tata surya, tahun lalu.

Tidak ada yang menyangkal bahwa BZ509, merupakan salah satu batuan angkasa yang aneh.

Namouni dan Morais mulai memerhatikan asteroid itu bukan hanya karena ia mengitari matahari ke belakang, tapi juga karena orbitnya hampir tumpang tindih dengan milik Jupiter. BZ509 pun dikenal dengan objek luar angkasa pertama yang ‘bermain-main’ dengan planet terbesar di tata surya kita tersebut.

“Ini seperti truk yang berjalan di atas jalan bergelombang. Saat mengenai gundukan, objek terpental ke gundukan lain, dan akhirnya memantul kembali ke tempat semestinya,” kata Martin Connors, astronom dari Athabasca University yang tidak terlibat dalam penelitian.

Menggunakan simulasi komputer, pada 2017, Connor dan timnya menemukan bahwa orbit BZ509 tetap stabil selama jutaan tahun. Penemuan ini mengejutkan Namouni dan Morais karena studi mereka menyatakan bahwa orbit BZ509 hanya dapat bertahan sekitar 10 ribu tahun.

Untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai asteroid aneh tersebut, akhirnya Namouni dan Morais membangun model sistem tata surya dengan susunan terbaru. Mereka lalu menaburkan jutaan ‘klon’ BZ509 dan lebih sedikit asteroid pada orbit yang diamati.