Tips Jitu Mencegah Kenaikan Berat Badan Berlebih di Bulan Puasa

By Lutfi Fauziah, Rabu, 23 Mei 2018 | 09:28 WIB
Berat badan adalah penanda kesehatan tubuh secara keseluruhan. Fluktuasi yang besar dalam bobot tubu (Lutfi Fauziah)

Penulis: Arinda Veratamala/Hellosehat.com

Puasa sebenarnya bisa menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk menurunkan berat badan. Namun meski waktu makannya hanya dua kali, saat sahur dan berbuka, banyak orang yang justru mengeluhkan berat badan naik saat puasa. Bergesernya angka di timbangan sedikit banyak disebabkan oleh kebiasaan makan kalap yang serba manis dan gorengan saat buka puasa. Lalu, bagaimana cara mencegah agar berat badan tidak naik saat puasa?

Berat badan naik karena jumlah kalori yang masuk dari makanan lebih besar daripada yang Anda bakar saat beraktivitas. Maka untuk mencegah berat badan naik saat puasa, Anda harus perhatikan benar pola makan dan aktivitas fisik Anda selama bulan Ramadan ini.

Baca juga: Virus Langka yang Belum Bisa Disembuhkan Tewaskan Sembilan Warga India

Aturan pola makan saat sahur dan berbuka

Buka puasa memang disarankan untuk makan yang serba manis guna mengembalikan energi. Meski begitu, hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan apabila terus dilakukan setiap hari. Minuman dan minuman manis tidak memberikan rasa kenyang sehingga Anda akan terus mengonsumsinya, tanpa disadari asupan kalori Anda sudah sangat berlebihan. Belum lagi kalori dari gorengan yang Anda makan, dan dilanjutkan dengan makan nasi dengan porsi besar. Bayangkan berapa banyak kalori yang masuk ke tubuh Anda pada saat berbuka puasa?

Untuk mencegah berat badan, sebaiknya Anda tetap mengontrol asupan makan saat berbuka puasa dan sahur. Jangan makan berlebihan, makanlah sesuai kebutuhan Anda.

Baca juga: Mary Bell, Bocah Pembunuh Berantai Berdarah Dingin Asal Inggris

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat buka dan sahur untuk mencegah berat badan naik saat puasa adalah:

Setelah makan saat buka dan sahur, sebaiknya jangan langsung tidur. Beri waktu pada tubuh Anda untuk mencerna semua makanan yang Anda konsumsi. Langsung tidur setelah makan justru dapat membuat berat badan naik dan tidur Anda kurang nyenyak.

Baca juga: Bagaimana Para Astronaut Menjalankan Salat dan Puasa di Luar Angkasa?

Aktivitas fisik