Cacing Kepala Martil yang Berada di Asia Menyebar ke Prancis

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 24 Mei 2018 | 12:02 WIB
Cacing kepala martil. (Pierre Gros)

Ketika Jean-Lou Justine menerima foto pertama dari cacing raksasa dengan kepala seperti martil, ahli biologi itu tercengang. Sebab, cacing tersebut tidak tinggal di kebun-kebun sayuran Eropa.

“Kami tidak memilikinya di Prancis,” kata Justin yang juga seorang profesor di National Museum of Natural History di Paris.

Cacing predator ini berasal dari Asia, di mana mereka berkembang dengan senang hati sambil melahap cacing tanan di bawah sinar matahari yang lebih hangat.

“Spesies ini tinggal di dalam tanah sehingga mudah terlupakan. Namun, itu juga yang menjadi alasan ia bisa terkirim ke seluruh dunia tanpa sengaja,” kata Archie Murchie, ahli ilmu serangga dari Britain’s Agri-Food and Biosciences Institute, yang tidak terlibat dalam penelitian Justine.

“Cacing seperti ini akan terus menyebar. Apalagi ada peningkatan perdagangan global,” tambahnya.

Baca juga: Darling Pea, Tanaman Bak Narkoba Bagi Domba dan Hewan Ternak

Para ahli biologi sudah mengetahui bahwa cacing kecil pemakan siput memang ada di Prancis. Namun, hingga saat ini, Justine, yang meneliti parasit dan cacing, tidak mengetahui bahwa negaranya berada di bawah invasi cacing kepala martil.

Bahkan, dalam penelitiannya lima tahun lalu, ia menganggap cacing kepala martil tidak lebih dari hama rumah kaca. Kini, ia pun merevisi keputusannya.

“Itu benar-benar keliru,” ujar Justine.

Kiriman foto yang diterima Justine. (Jean-Lou Justine)

Bersama dengan rekan penelitinya, melalui stasiun berita lokal dan media sosial, Justine meminta warga Prancis untuk mengirimkan foto cacing berkepala martil yang mereka temukan. Dan e-mail berisi foto cacing tersebut pun membanjiri kotak masuknya. Dari semua kiriman, penampakan cacing paling awal terlihat pada 1999.

Beberapa orang menangkap cacing berkepala martil, kemudian mengawetkan, dan mengirimnya ke Justine untuk diteliti.