Sering Terlambat ke Kantor? Ikuti Trik Berangkat Kerja Lebih Awal Ini

By Gregorius Bhisma Adinaya, Sabtu, 2 Juni 2018 | 17:02 WIB
Ilustrasi (Difa Restiasari)

Sebuah survei yang dilakukan oleh CareerBuilder menunjukkan fakta bahwa datang terlambat berakibat pada menurunnya produktivitas kerja karyawan.

Dalam survey tersebut, CareerBuilder meneliti sebanyak 5000 koresponden yang terdiri dari manager, profesional bidang sumber daya manusia, serta karyawan dari berbagai perusahaan dan industri terbesar di Amerika.

Baca juga: Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya

Berdasarkan survey tersebut, dapat ditarik beberapa poin untuk memudahkan Anda berangkat lebih awal menuju kantor. Selamat mencoba!

Waktu untuk berhenti 

Menurut Joel Garfinkle, penulis buku Getting Ahead : Three Steps To Take Your Career To The Next Level, datang terlambat membuat Anda harus bekerja ekstra menyelesaikan pekerjaan hingga larut malam. Jadi, Anda harus mulai tahu kapan harus berhenti bekerja. 

Contoh nyata, bila Anda masih berada di kantor hingga pukul 8 malam, mulailah berhenti kerja 30 menit sebelumnya, yakni 7.30 malam.

Pasang alarm untuk mengingatkan Anda untuk pulang dan berhenti bekerja. Manfaatkan sisa waktu 30 menit tersebut untuk berkomunikasi bersama rekan kerja dan atasan. Memahami jam kerja dapat memotivasi serta meningkatkan fokus kerja di kantor.

Jauhi gadget dan telepon genggam 

Sibuk bermain games atau eksis dengan akun media sosial saat jam kerja hanya akan menurunkan produktivitas.

Seperti yang disarankan oleh Cali Yost Williams, ahli strategi kerja dan penulis buku Tweak It: Make What Matters to You Happen Every Day,  “Letakkan gadget dan telepon genggam ke dalam laci atau tempat yang jauh dari jangkaun Anda.

Baca juga: Hati-hati, Diet Tinggi Protein Tingkatkan Risiko Gagal Jantung