Beberapa Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Mempercepat Penuaan

By Gregorius Bhisma Adinaya, Selasa, 12 Juni 2018 | 14:36 WIB
Penelitian menemukan bahwa 36 persen manula lebih bahagia ketika menginjak usia 70 tahun. (Elisabeth Novina)

 

Penuaan memang merupakan hal yang tidak bisa dihindari, namun itu tergantung juga pada gaya hidup dan kebiasaan Anda yang bisa mempercepat penuaan.

Bila penampilan wajah yang menua tidak terlalu menjadi masalah bagi Anda, namun ingat, penuaan bukan hanya terjadi di wajah. Sel-sel tubuh pun bisa mengalami penuaan yang berakibat pada meningkatkan risiko penyakit.

Baca juga: Burung Merak Mati Setelah 'Disiksa' Warga yang Ingin Selfie Dengannya

Nah, karena itu ketahuilah hal-hal yang mempercepat proses penuaan berikut.

1. Menggunakan sabun mandi untuk wajah

Kulit memiliki lapisan alami yang bersifat protektif. Ketika terbiasa mencuci wajah dengan sabun mandi yang kaya dengan alkalin untuk membersihkan wajah, maka hal itu akan merusak lapisan ini dan membuat kulut kering. Kulit kering sangat rentan menjadi keriput yang membuat kesan tua.

2. Pola makan tidak sehat

Makan terlalu banyak daging olahan dan lemak tak ssehat lainnya tak hanya dapat menambah lingkar pinggang Anda, tetapi juga mempengaruhi penampilan tubuh secara keseluruhan. Karena itu, sebaiknya perkaya makan makanan alami seperti sayur dan buah yang juga mampu memberikan Anda nutrisi dan antioksidan yang bermanfaat bagi kulit, otot, dan tubuh.

3. Kurang tidur

Tidak mendapat cukup tidur dapat meningkatkan risiko kesehatan seperti obesitas dan penyakit jantung. Kurang tidur mempengaruhi fungsi seluruh organ termasuk kulit, organ terluas yang meliputi seluruh tubuh.

Baca juga: Hal-hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Korea Utara dan Program Nuklirnya

4. Tidak menggunakan tabir surya