Efek Mohamed Salah: Menginspirasi Para Pemuda di Mesir

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 28 Juni 2018 | 15:56 WIB
Mohamed Salah, pemain sepak bola asal Mesir. (LFC via tribunnews.com)

Mo Salah, Mo Salah, (pemain sayap) menyerang dari pinggir … Salalalaah, Raja Mesir!

Ini adalah bagaimana penggemar Liverpool FC menyoraki Mohamed Salah; yang memecahkan rekor striker bintang, dan pemenang Golden Boot Liga Utama Inggris pada 2018.

Bagi orang-orang muda di Mesir, Salah lebih dari seorang pemain bola. Di sebuah negara yang tingkat pengangguran dan pergolakan politik meningkat, Salah adalah sebuah ikon dan panutan - dia mewujudkan cita-cita seorang pemuda yang telah mencapai mimpi-mimpinya.

Salah berasal dari sebuah desa kecil, Nagrig, di distrik Gharbia. Di sini, sebanyak 10% rakyat hidup dalam kemiskinan. Perjalanan Salah mulai di klub El Mokawloon di Tanta; dari sini, dia bergabung di klub yang sama di Kairo.

Pada usia 14 tahun, Salah yang datang dari salah satu desa pedalaman Mesir harus naik setidaknya lima bus yang berbeda setiap hari untuk berlatih di Kairo.

Pada 2012, dia ditemukan oleh klub Swiss Basel, dan pesona kesuksesannya di Liga Super Swiss menarik perhatian José Mourinho, yang merupakan manajer Chelsea Football Club pada saat itu. Tapi Salah tidak terlalu berhasil di Stamford Bridge; dia menghabiskan banyak waktunya di atas bangku.

Salah memiliki pesona di Italia, dengan Fiorentina (dengan status pemain pinjaman) dan AS Roma, sebelum kembali kejayaannya ke Liga Utama Inggris, dengan Liverpool Football Club. Pada Oktober 2017, Salah mencetak gol penalti yang mengantarkan Mesir ke putaran final Piala Dunia pertama mereka dalam 28 tahun.

Selama 10 tahun terakhir, selama saya melacak aspirasi orang-orang muda di Mesir, saya mencatat kesamaan mengenai aspirasi tidak terpenuhi - mencari sebuah pekerjan, memulai berkeluarga, mendapatkan sebuah pendidikan yang baik - bertahan dari waktu ke waktu.

Saya juga telah menyaksikan bagaimana perjalanan Salah menuju sukses, serta kerja keras dan tekadnya, menginspirasi pemuda Mesir yang frustrasi untuk mengatasi rintangan yang mereka hadapi dan menggapai cita-cita mereka.

Salah seorang filantropis

Meskipun tenar, Salah merawat hubungan dekat dengan keluarganya, tetangga, dan kawan-kawannya di Nagrig. Dia memelihara hubungan ini dengan mendukung berbagai proyek pembangunan di desanya, mulai dari gelanggang remaja hingga sekolah dan rumah sakit; dan baru-baru ini sebuah stasiun air dan limbah.

Pada level nasional, Salah mendonasikan £210.000 kepada Tahya Misr (“Panjang Umur Mesir”) - sebuah pendanaan yang dibentuk untuk mendukung upaya pembangunan setelah pemberontakan Januari 2011.

Bagi pemuda Mesir, kerendahan hati dan perasaan syukur Salah adalah sifat yang paling mereka kagumi. Pada zaman pindahnya orang-orang pintar ke negara lain untuk mencari karir dan kehidupan lebih baik dan ketika sebanyak 10 juta orang Mesir hidup di luar negeri, Salah menyampaikan sebuah pelajaran kepada pemuda migran Mesir bahwa mereka dapat melayani negara mereka – bahkan dari luar negeri.

Pada saat masyarakat Mesir terbelah, Salah menyatukan tidak hanya orang-orang Mesir tapi juga pemuda Muslim dan Arab.