Studi Terbaru: Minum Kopi Bisa Membuat Anda Berumur Panjang

By Gita Laras Widyaningrum, Rabu, 4 Juli 2018 | 11:34 WIB
Ilustrasi minum kopi. (Thinkstock)

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan pada jurnal JAMA Internal Medicine, memberikan kabar baik lagi bagi pecinta kopi. Rutin minum kopi diketahui dapat menurunkan risiko kematian.

“Kami meneliti kaitan antara minum kopi dengan kematian pada mereka yang mengonsumsi kopi satu gelas hingga delapan gelas per hari. Baik itu kopi yang disaring, instan, atau tanpa kafein,” papar dr. Erikka Loftfield, pemimpin studi dan ilmuwan dari National Cancer Institute.

Baca juga: Peneliti Mengungkap Bagaimana Estrogen Memengaruhi Migrain pada Pria

Para peneliti menggunakan data dari studi yang dilakukan Biobank. Pada studi tersebut, sekelompok orang dewasa di Inggris berusia 38-73 tahun, diminta mengisi kuesioner kesehatan, menjalani pemeriksaan fisik, dan memberikan sampel biologis mereka.

Selanjutnya, untuk studi terbaru ini, para peneliti menganalisis kembali informasi dari 500 ribu orang – terutama yang menjawab pertanyaan mengenai konsumsi kopi, rokok, alkohol, riwayat kesehatan, dll. Mereka lalu dipantau selama 10 tahun.

Dalam kurun waktu tersebut, sekitar 14.200 partisipan meninggal. Namun, para peneliti menemukan bahwa mereka yang sering minum kopi, hidup lebih lama. 

Menurut peneliti, umur panjang berkaitan dengan konsumsi kopi. Pengurangan risiko hanya bervariasi pada seberapa banyak kopi yang dikonsumsi, tingkat kafein, serta jenisnya (kopi instan atau yang berasal dari biji).

Secara keseluruhan, mereka yang minum segelas kopi per hari memiliki penurunan risiko kematian hingga 8%. Sementara, partisipan yang mengonsumsi 6-7 gelas per hari, risikonya menurun 16% dan mereka yang minum lebih dari 8 gelas, menjadi 14%.

Baca juga: Lima Makanan dan Minuman yang Bagus Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Meski begitu, karena penelitian ini bersifat observasional – yang hanya melihat pola dalam kumpulan data yang sudah ada – sulit mengetahui apakah kopi benar-benar mencegah kematian atau hanya berkaitan dengan umur panjang.

“Untuk lebih memahami potensi hubungan kopi dengan kesehatan, perlu dilakukan studi tambahan, tapi setidaknya, penelitian kami membuktikan bahwa minum kopi bisa menjadi bagian dari diet sehat dan menenangkan hati mereka yang sangat mencintai kopi,” pungkasnya.