Video: Astronaut Jatuh Berkali-kali di Bulan Karena Gravitasi Rendah

By Gita Laras Widyaningrum, Selasa, 10 Juli 2018 | 12:08 WIB
Astronaut Buzz Aldrin sedang menangkap partikel cahaya matahari menggunakan lembaran kertas perak. (Difa Restiasari)

Menjaga keseimbangan tubuh dalam gravitasi rendah, tidaklah mudah. Video yang dipublikasikan NASA belum lama ini, menunjukkan bagaimana astronaut jatuh berkali-kali di permukaan bulan karena rendahnya gravitasi.

Meskipun begitu, video tersebut dirilis bukan untuk jadi bahan tertawa. NASA justru ingin menjelaskan alasan ilmiah mengapa semua astronaut yang berada di sana kehilangan keseimbangannya.

Video jatuhnya astronaut pada misi Apollo 15 digunakan sebagai bahan untuk mempelajari tingkat metabolisme mereka saat melintasi berbagai jenis medan di Bulan – yang menanjak, menurun, maupun datar.

Sementara pada Apollo 16, itu digunakan untuk mengevaluasi perbedaan antara kecekatan dan daya penggerak di Bumi dan Bulan. Agar lebih memahami gravitasi Bulan dan bagaimana itu memengaruhi gerakan di permukaannya.

Baca juga: Menjawab Berbagai Teori Konspirasi, NASA Buktikan Pendaratan Apollo 11

Salah satu alasan mengapa kekikukan astronaut terjadi adalah meskipun berat badan lebih ringan ketika berada di Bulan, namun massanya tetap sama. Di sana juga terjadi inersia, yakni kecenderungan suatu benda untuk menolak perubahan dalam gerakannya.

Selain itu, aksi astronaut di Bulan sangat berbeda dari biasanya dan itu menyebabkan proses jatuh-bangun.

Peneliti NASA mendeskripsikan proses jatuhnya astronaut dengan detail dan akurat. Pada misi Apollo 15, mereka menulis:

“Komandan David Scott mulai bergerak menuju area baru sambil mendeskripsikan wilayah tersebut ke kamera. Ia melangkah di sekitar pecahan batu, kaki kanannya membuat tekanan kecil, dan ia mulai kehilangan keseimbangan. Saat melangkah dengan kaki kiri, ia tergelincir batu kecil, dan terus jatuh di atas tanah gembur. Saat mencoba menempatkan kembali kakinya di bawah pusat gravitasi, Scott menambah kecepatan. Namun, ia justru terjatuh sambil berusaha menahannya dengan kedua tangan. Mendarat di sisi kirinya, Scott terguling ke arah berlawanan jarum jam dan keluar dari pandangan kamera.”

Sementara itu, pada misi Apollo 16, analisisnya lebih sedikit. Mereka hanya menjelaskan penyebab jatuhnya astronaut.

Baca juga: NASA: ‘Longsoran Balok Es’ Membentuk Kembali Permukaan Mars

Charles Duke, astronaut Apollo 16, terjatuh ketika ia berhenti untuk mengambil sepasang jepitan. Untuk mengambilnya, Duke menginjak jepit tersebut. Namun, ketika mencoba mengangkatnya, Duke langsung kehilangan keseimbangannya.

Astronaut John Young juga terjatuh saat ingin mengambil benda-benda yang ditinggalkan di Bulan, seperti sikat gigi dan tas sampel.

Pada akhirnya, video jatuhnya astronaut di Bulan menyimpan berbagai informasi berguna. Apalagi, sebentar lagi, semakin banyak manusia yang akan mengunjungi satelit Bumi tersebut.