Calistoga crassicaudata, Tawon Amazon dengan Alat Penyengat Mematikan

By Gita Laras Widyaningrum, Rabu, 11 Juli 2018 | 18:37 WIB
Calistoga crassicaudata. (Kari Kaunisto/Biodiversity Unit of the University of Turku)

Spesies terbaru yang ditemukan di Amazon -- Calistoga crassicaudatamasuk ke dalam daftar hewan mengerikan. Tawon kecil ini memiliki alat penyengat raksasa yang digunakan betinanya, tidak hanya untuk melumpuhkan tawanan, tapi juga menyimpan telur pada tubuh mangsanya.

Para peneliti mempublikasikan gambar serta deskripsi C. crassicaudata dan enam spesies tawon terbaru lainnya dalam jurnal Zootaxa.

Tampilan C. crassicaudata yang memiliki panjang 9,8 milimeter, dilengkapi dengan alat penyengat yang berukuran setengah panjang tubuhnya.

Baca juga: Setelah Pencarian Selama 10 Tahun, Buaya Raksasa Akhirnya Ditangkap

“Kami menemukan spesies baru setiap saat. Namun, hanya sebagian kecil dari mereka yang menarik,” ujar Ilari Sääksjärvi, ahli entomologi di University of Turku sekaligus peneliti studi ini.

C. crassicaudata merupakan jenis tawon parasitoid. Tawon ini meletakkan telur-telur mereka di atas atau di dalam tubuh serangga lain dan setelah itu membunuh mereka.

Alat penyengatnya biasa disebut ovipositor – digunakan tawon untuk menempatkan telur di dalam tubuh sanderanya.

“Ovipositor pada C. crassicaudata tidak hanya panjang, tapi juga sangat lebar dan kuat,” kata Sääksjärvi kepada Live Science.

Baca juga: 32 Tahun Berlalu, Begini Kondisi Alam di Zona Radioaktif Chernobyl

Mungkin tampak sulit untuk menangkap tawon ini tanpa risiko tersengat. Namun, menurut Sääksjärvi, sengatan tawon parasitoid pada manusia tidak terlalu sakit dibandingkan dengan jenis lebah lainnya.

Selain itu, senjata penyengat mereka biasanya tidak mampu menyerang manusia karena terlalu tipis.

Meskipun terlihat menakutkan dan menyebabkan kematian yang lambat dan menyakitkan pada mangsanya, keberadaan tawon parasitoid penting untuk mengendalikan populasi hama lainnya.