Mengurangi Emisi, Negara Bagian Amerika Siap Melawan Presiden Trump

By Mar'atus Syarifah, Senin, 6 Agustus 2018 | 17:02 WIB
(imre74/Getty Images/iStockphoto)

Nationgeographic.co.id Amerika Serikat tengah kewalahan mengatasi permasalahan emisi dari transportasi. Negara-negara liberal telah berusaha memosisikan mereka diri sebagai benteng melawan Presiden Trump.

Mereka berupaya untuk memangkas emisi penyebab perubahan iklim, meskipun pemerintah federal menggulirkan kembali program-program yang ditujukan untuk Amerika yang hijau. 

Namun langkah pembekukan ekonomi bahan bakar yang diusulkan oleh United States Environmental Protection Agency (EPA) dapat menghambat kemampuan mereka untuk melawan. EPA berencana untuk membekukan standar ekonomi bahan bakar pada 2020 hingga 2026.

Baca Juga: Ketika Aroma yang Kita Cium Membawa Kembali Kenangan Masa Lalu

Emisi transportasi di Amerika Serikat telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Rhodium Group, sebuah firma riset ekonomi, memperkirakan bahwa emisi dapat tumbuh sebesar 321 juta hingga 931 juta ton metrik. Hal ini tergantung pada harga minyak tahun 2022 hingga 2035.

Standar ekonomi diharapkan dapar menjadi alat yang mampu mengurangi emisi transportasi. Namun, hanya California yang memiliki otoritas hukum Undang-Undang Udara Bersih untuk menetapkan persyaratan yang lebih ketat daripada pemerintah federal. Dua belas negara bagian dan District of Columbia tengah berupaya mengadopsi standar California.

Sayangnya, saat ini kemampuan Golden State untuk menetapkan standarnya sendiri berada di bawah ancaman Presiden Trump.

"Penting untuk mengetahui dampak negatif bagi negara dalam hal emisi, polusi dan ketersediaan mobil yang bersih," kata Carol Lee Rawn, pemimpin program transportasi di Ceres.

Meskipun sulit, bukan berarti Amerika Serikat tidak memiliki harapan. Beberapa negara bagian tengah bekerja keras untuk mengembangkan solusi pada sektor transportasi. Upaya ini diharapkan mampu mencerminkan Regional Greenhouse Gas Initiative, program yang mencakup sektor tenaga listrik di sembilan negara bagian Amerika Serikat Timur Laut (northeastern).

Pengurangan emisi di sektor transportasi, diharapkan dapat menciptakan aliran pendapatan untuk transportasi dan investasi infrastruktur kendaraan listrik.

"Saya pikir ada potensi di sana, dan ada kesadaran yang meningkat di negara bagian bahwa transportasi adalah sumber keprihatinan yang meningkat karena emisi dari sektor listrik turun sedangkan emisi transportasi naik," ungkap Rawn.

Di New York, para pendukung melihat bahwa dengan pembekuan federal mampu memberikan tawaran peluang baru bagi Gubernur Andrew Cuomo dan Walikota New York, Bill de Blasio untuk membuktikan kredensial iklim mereka.