Alasan Aneh di Balik Pembunuhan Kaisar-kaisar Romawi Kuno

By Gita Laras Widyaningrum, Jumat, 10 Agustus 2018 | 16:44 WIB
Bangunan era Romawi. (Thinkstock)

Nationalgeographic.co.id - Romawi kuno adalah tempat terburuk untuk menjadi seorang kaisar. Selama 500 tahun masa pemerintahannya, sekitar 20 persen kaisar Romawi dibunuh ketika sedang berkuasa. Hal apa yang memicunya?

Menurut studi terbaru, kita bisa menyalahkan hujan.

Ketika curah hujan sangat rendah, pasukan Romawi yang bergantung kepada tanaman dari petani lokal, akan kelaparan.

“Pada akhirnya, itu akan membuat mereka memberontak,” kata Cornelius Christian, pemimpin studi sekaligus asisten profesor ekonomi di Brock University, Kanada.

“Pemberontakan tersebut meruntuhkan dukungan pada kaisar dan membuat mereka rentan terhadap pembunuhan,” imbuhnya.

Baca juga: Gelombang Panas 1911 yang Mematikan dan Membuat Gila Banyak Orang

Christian, yang menganggap dirinya sebagai sejarawan ekonomi, mendapat hasil penemuan ini dengan menggunakan data iklim dari studi yang dipublikasikan di jurnal Science pada 2011.

Dalam studi tersebut, para peneliti menganalisis ribuan fosil cincin pohon dari Prancis dan Jerman. Mereka lalu menghitung jumlah curah hujan di sana setiap musim semi selama 2500 tahun terakhir. Area ditemukannya fosil merupakan perbatasan Romawi pada masa itu, di mana pasukan militer ditempatkan.

Christian kemudian mengumpulkan data tentang pemberontakan  dan pembunuhan kaisar Romawi kuno. Ia menggabungkan beberapa angka dan faktor ke dalam sebuah formula dan menemukan fakta bahwa “curah hujan yang rendah memicu peningkatan pembunuhan. Sebab, curah hujan rendah berarti lebih sedikit makanan yang tersedia”.

Kaisar Vitellius misalnya. Ia dibunuh pada 69 M di perbatasan wilayah Romawi -- di mana pasukan ditempatkan -- ketika curah hujan rendah.

“Vitellius adalah seorang kaisar yang diakui oleh pasukannya. Sayangnya, curah hujan saat itu sangat rendah. Pasukannya memberontak, dan dia akhirnya dibunuh di Roma,” papar Christian.

Namun, semakin sering kasus pembunuhan terjadi, banyak faktor juga yang memicunya. Sebagai contoh, kaisar Commodus dibunuh pada 192 M karena pasukan militer sudah muak ketika ia bertindak melewati hukum. Terutama ketika Commodus meminta gladiator untuk sengaja kalah darinya di Colosseum.