Empat Hal yang Dilakukan Para Psikolog Agar Merasa Bahagia Setiap Hari

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 20 Agustus 2018 | 12:11 WIB
(jacoblund/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Setiap orang menemukan kebahagiaan dengan cara yang berbeda. Kuncinya adalah: cari kebiasaan yang bisa membahagiakan kita, lalu lakukan setiap hari. "Seperti yang dikatakan Aristotle, kebahagiaan adalah sebuah aktivitas," ujar Jason Wheeler, PhD, psikoanalis di New York City.

Lalu, bagaimanakah upaya para ahli kesehatan mental untuk menemukan kebahagiaan? Berikut ada tiga terapis yang membagikan strategi mereka agar tetap positif dan rendah hati -- bahkan ketika stres menghampiri.

Mungkin beberapa cara ini bisa juga kita coba.

Kesadaran pikiran

Istilah 'kesadaran pikiran' atau mindfulness sering dikaitkan dengan yoga atau meditasi. Namun, Wheeler mengatakan, kita bisa menemukan kesadaran pikiran ini dengan olahraga lain. Ia sendiri memilih berenang untuk melatih fisik dan pikirannya. Gerakan berulang, secara alami, bisa mengarahkan pada mindfulness.

(Baca juga: Ingin Lebih Bahagia? Jadilah Orang yang Dermawan)

"Setelah selesai berenang, saya tidak merasa lelah, tapi malah segar dan berenergi," kata Wheeler. Berenang selama 30 menit atau satu jam merupakan meditasi terbaik di hari-hari yang penuh kesibukan.

Menulis rasa syukur

Beberapa studi menunjukkan bahwa mengekspresikan rasa syukur bisa membuat kita tidur lebih nyenyak dan menurunkan risiko depresi. "Saat merasa cemas, saya akan membuat daftar hal yang saya syukuri," kata Kasi Howard, PsyD, terapis asal San Antonio.

"Ini membalik pola pikir saya. Tidak lagi memikirkan hal-hal yang membuat stres dan negatif. Cara ini meningkatkan mood saya," tambah Kasi.

Lari

Cara lain untuk meningkatkan kebahagiaan? Latihan kardio. "Lari merupakan sumber kewarasan untuk saya. Tidak hanya ketika stres, tapi juga dilakukaan saat mencari ide," kata Kasi.