6 Hal Mengejutkan Tentang Korea Utara yang Tidak Anda Ketahui

By National Geographic Indonesia, Senin, 27 Agustus 2018 | 09:45 WIB
Ekor pesawat dengan bendera Korea Utara. (Arthur Mebius)

Nationalgeographic.co.id - Ada banyak hal yang tidak kita ketahui tentang Korea Utara (Korut). Terutama karena kontrol kuat rezim yang saat ini berkuasa terhadap warganya, dan sikap waspada mereka terhadap orang luar. Namun dari gambar-gambar citra satelit, kisah para penduduk Korea Utara yang melarikan diri ke negara-negara lain, dan sedikit orang yang pernah berkunjung, gambaran kehidupan sehari-hari di negara yang penuh misteri itu perlahan tersingkap. 

Sebuah gambar yang diambil dari antariksa, misalnya, mengungkap bahwa Korea Utara telah mengalami kekurangan penerangan listrik pada malam hari di seluruh negeri selama beberapa tahun terakhir. Kilasan lain menunjukkan bahwa bencana kelaparan telah berlangsung selama beberapa tahun, menyebabkan sekitar tiga juta kematian dan terus berlanjut.

Di Pyongyang saat subuh, foto Kim Il-sung dan anaknya Kim Jong-il masih disinari. Saat lampu padam d (David Guttenfelder)

Baca juga: Orangtua Gadis Purba Ini Berasal dari Dua Spesies Manusia yang Berbeda

Eunsun Kim, warga negara Korut yang berhasil melarikan diri bersama ibunya saat ia berusia 11 tahun, berkata bahwa indoktrinasi negara telah dimulai sejak warga negara lahir. 

"Kami telah dicuci otak bahkan saat masih di dalam perut ibu," katanya. "Lebih dari 90 persen lagu-lagu yang kami dipaksa untuk menyanyikannya, semuanya tentang keluarga Kim dan Partai Buruh. Penyembahan terhadap keluarga Kim merupakan hal normal," lanjutnya. 

Berikut ini foto-foto, video, dan artikel, yang dikumpulkan untuk menyoroti kehidupan sehari-hari di negara paling tertutup di dunia.

1. Di luar dugaan, Pyongyang tampak cantik saat dilihat dari atas

Wisatawan bernama Jacob Agustinus mengambil swafoto dari puncak Juche Tower di Pyongyang. (David Guttenfelder/National Geographic)

Meskipun pemerintah Korut hanya mengizinkan rekaman terbatas, pembuat film Rob Whitworth dan J.T. Singh memberikan kilasan-kilasan kehidupan sehari-hari di Pyongyang dalam video time-lapse berikut. Dari video ini kita bisa menyaksikan para penduduk Korut bepergian dengan kereta api bawah tanah, mengitari monumen bersejarah, dan mengunjungi skate park setempat.

2. Militer menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari penduduk Korut