Benarkah Terlalu Banyak Minum Air Dapat Berdampak Buruk Bagi Tubuh?

By Nesa Alicia, Rabu, 5 September 2018 | 10:12 WIB
Belum ada rekomendasi khusus mengenai jumlah air yang sebaiknya dikonsumsi. (5PH/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Apakah Anda sering mendengar bahwa minum air delapan gelas setiap hari dapat membantu mengurangi dehidrasi? Tidak ada yang salah mengenai anjuran tersebut, mengonsumsi jumlah air yang cukup memang akan membawa banyak manfaat bagi tubuh.

Namun seiring dengan beredarnya informasi di atas, ada sebuah informasi yang sering disisipkan di dalamnya. Sialnya, informasi yang disisipkan ini ternyata memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan. "Meminum air sebanyak-banyaknya baik untuk tubuh."

Baca juga: Baca Juga : Ritual dan Tradisi Menyembah Gadis Kumari, Sang

Berbeda dengan informasi yang selama ini banyak dipercaya, Dr. Imran Rafi, ketua inovasi klinis dan peneliti di Royal College of GP menyarankan pembatasan jumlah air yang dikonsumsi. Dilansir dari kompas.com pada Selasa (4/9/2018), Dr. Imran mengatakan bahwa tidak ada rekomendasi berapa banyak air yang harus diminum.

"Cukup minum itu penting untuk tubuh dan mental yang sehat. Pasien harus menjaga asupan cairan, khususnya ketika sedang dalam kondisi yang dapat menyebabkan dehidrasi," ucap Dr. Imran.

Himbauan Dr. Imran ini muncul bukan tanpa alasan. Beberapa waktu sebelumnya, seorang wanita dirawat akibat intoksikasi air yang membuatnya menjadi mual, gemetaran, dan sulit berbicara. Setelah dilakukan pemeriksaan, wanita tersebut divonis menderita gejala infeksi saluran kencing.

Bahaya Terlalu Banyak Minum Air (lenanet)

Penyebabnya? Wanita berusia 59 tahun ini ternyata meminum 250 ml air setiap 30 menit. Jumlah tersebut mungkin terlihat sedikit, namun jumlahkan, berapa banyak air yang ia minum dalam satu hari?

Baca juga: Baca Juga : Mata Rantai Evolusi Dinosaurus yang Hilang, Ditemukan di Tiongkok

Sebagai dampak, kadar garam dalam darah sang pasien menjadi rendah dan bisa berakibat fatal bagi tubuhnya. Seseorang dengan kadar garam yang tidak normal dapat mengakibatkan hyponatremia atau intoksiasi air dengan tingkat kematian mencapai 30 persen.

Memang, hingga saat ini belum ada rekomendasi berapa banyak air yang harus diminum. Terlebih, selama ini dokter merekomendasikan untuk minum air putih sebanyak enam hingga delapan gelas per hari. Sementara di Inggris dokter menyarankan untuk minum air putih dalam jumlah yang banyak.