Pengganti Kopi, 4 Minuman Ini Tidak Kalah Enak dan Menyehatkan

By Loretta Novelia Putri, Jumat, 14 September 2018 | 11:40 WIB
Kopi, salah satu minuman yang paling banyak digemari. (Rawpixel/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Salah satu minuman dengan predikat minuman dengan penggemar terbanyak mungkin dipegang oleh kopi. Selain rasanya yang enak — dengan variasi yang banyak — kopi juga membuat banyak orang terhindar dari kantuk.

Meski begitu, mengkonsumsi kopi secara berlebihan juga dapat berisiko terhadap munculnya gangguan kesehatan yang cukup serius. Serangan jantung, sakit kepala, hingga gangguan pencernaan seringkali disebut-sebut sebagai "efek samping" mengonsumsi kopi secara berlebihan.

Baca Juga : Membanggakan, Inilah Prestasi Pariwisata Indonesia di Kancah Dunia

Dalam satu gelas (100 ml) kopi terkandung 92 mg potasium, 0,7 mg niacin, 0,05 mg mangan, 8mg magnesium, dan 0,01 mg riboflavin. Dengan demikian, mengkonsumsi kopi seharusnya tidak lebih dari 400 mg atau sekitar empat cangkir kopi perharinya.

Bila sudah mengalami overdosis kopi, efek samping lain pun juga akan muncul, yakni gangguan kecemasan, denyut jantung meningkat, mual, berkeringat, pusing, hingga insomnia. Bagi pencinta kopi, Anda tidak perlu khawatir akan hal ini. Selain membatasi jumlah konsumsi harian, Anda juga dapat meminum beberapa minuman lain dengan khasiat serupa.

Berikut ini adalah empat minuman pengganti kopi yang bisa Anda coba.

1. Teh Hijau Matcha

Matcha bisa menjadi alternatif pengganti kopi (mindbodygreen)

Matcha berasal dari daun teh hijau yang ditumbuk hingga menjadi bubuk. Tidak hanya enak, Matcha juga mengandung antioksidan, klorofil dan serat yang diperlukan oleh tubuh.

Tidak hanya itu, matcha juga dapat membantu mencegah penyakit jantung dan baik bagi penderita diabetes tipe 2. Sebagai pengganti kopi, Matcha juga ampun mengusir kantuk karena kandungan kafeinnya.

2. Masala Chai

Masala Chai (Lilechka75/Getty Images/iStockphoto)