BMW Perkenalkan Motor yang Bisa Jalan Sendiri, Lebih Amankah?

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 17 September 2018 | 12:05 WIB
Motor R1200GS yang bisa jalan sendiri tanpa pengemudi. (BMW Motorrad)

Nationalgeographic.co.id - BMW telah menciptakan sepeda motor yang bisa jalan sendiri (self riding). Meskipun tampak horor, namun teknologi ini memungkinkan motor untuk menyeimbangkan tubuhnya dan menyetir sendiri tanpa seorang pengendara yang duduk di atasnya.

Produk asal Jerman ini dianggap lebih aman karena memiliki fitur semacam driver assist -- seperti yang tersedia pada mobil modern.

Baca Juga : SkyDrive, Mobil Terbang Jepang Akan Melintasi Langit dalam Waktu Dekat

Dalam sebuah video publikasi di akun Youtube-nya, BMW Motorrad menunjukkan bagaimana motor R1200GS mengemudi sendiri di sekitar jalur uji coba.

Motor dengan berat 200 kilogram ini dapat dengan mudah mempertahankan lajunya di jalanan, dan mengukir lengkungan sempurna di sudut sebelum mengerem dan bersandar pada sisi sampingnya.

Meski begitu, BMW Motorrad menekankan bahwa mereka tidak mencoba menerapkan sistem berkendara yang benar-benar otonom. Sebaliknya, teknologi ini dirancang untuk meningkatkan keamanan pengguna sepeda motor. Ia akan menunjukkan jalur berkendara paling aman dan menawarkan bantuan dalam situasi darurat.

Baca Juga : HAL, Robot Anak Laki-laki yang Bisa Bernapas, Berdarah dan Menangis

Pihak BMW mengatakan: “Kami tahu bahwa otomatisasi merupakan bagian dari keselamatan berkendara. Tujuan kami membuat teknologi ini adalah untuk mengintegrasikan program kontrol dinamis ke sepeda motor sehingga ia dapat menunjukkan jalur mengemudi terbaik dan paling aman kepada Anda.

Tentu saja, pengendara harus tetap bertanggung jawab dalam aktivitas mengemudinya. Namun, setidaknya, sepeda motor ini merekomendasikan hal-hal yang meningkatkan keamanan Anda.”