8 Museum yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur Ke Melaka di Malaysia

By Loretta Novelia Putri, Rabu, 26 September 2018 | 11:48 WIB
Melaka History & Ethnography Museum (Museum Nasional Melaka) (MosayMay)

Nationalgeographic.co.id - Jika Anda berkunjung ke salah satu kota budaya Melaka, Malaysia, tentu Anda tidak boleh melewatkan wisata-wisata sejarahnya.

Malaysia memiliki banyak warisan sejarah dari berbagai bangsa yang dulu pernah singgah di sana. Itu tersimpan di 38 museum di Melaka. 

"Dari 38 museum kami punya delapan (museum) hasil kurasi yang 'must visit', karena sejarah dan bangunannya masih terjaga, dan unik," ucap Syahidah binti Abu Sah, kurator dari Dinas Museum Melaka, kepada KompasTravel. 

Baca Juga : Sering Tidak Nyaman Ketika Duduk di Kursi Pesawat? Simak Cara Berikut

Berikut ini museum-museum yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Melaka:

Melaka History & Ethnography Museum (Museum Nasional Melaka)

Pergerakan kemerdekaan Malaysia terekam dalam Museum Nasional Melaka, yang memiliki nama lain Melaka History & Ethnography Museum.

Museum ini merupakan peninggalan kolonial Belanda dan selalu dijaga keasliannya sejak didirikan pada tahun 1650. Menurut Syahidah, museum tersebut dahulunya adalah City Hall yang menjadi tempat berkumpulnya para pejabat.

Dalam Museum Nasional Melaka, terdapat sejarah nasional Malaysia. Mulai dari proses penjajahan Portugis dan Belanda hingga potret Malaysia di masa kini. 

Museum Samudra (Flo De Lamar)

Museum Samudra (Flo De Lamar) (ojogabonitoo)

Bangunan Museum Maritim Melaka cukup unik karena berupa replika kapal Portugis yang pertama kali menepi di daratan Melaka pada 1600-an. Desain tersebut diplih untuk mengenang peristiwa penjajahan Portugis.