Garis Rambut di Sekitar Dahi Mundur, Tanda Anda Mengalami Kebotakan

By Nesa Alicia, Jumat, 28 September 2018 | 15:24 WIB
Tanda rambut mengalami kebotakan (Manuel-F-O)

Nationalgeographic.co.id - Kebotakan merupakan salah satu masalah yang membuat sebagian orang menjadi tidak percaya diri. Baik pria dan wanita memiliki risiko ini -- meskipun lebih sering terjadi pada pria. 

Salah satu tanda pertama kepala akan mengalami kebotakan adalah garis rambut yang mundur secara perlahan alias receding hairline. Ini biasanya mulai terjadi pada pria berusia 30-an.

Garis rambut akan membentuk huruf V di atas kepala atau yang biasa disebut widow peak. Kemudian, seiring berjalannya waktu, kedua sisi dan bagian belakang kepala akan botak tanpa menyisakan satu helai rambut. 

Berbeda dengan pria, garis rambut  wanita yang akan mundur pertama kali adalah bagian tengah hingga puncak kepala. Sementara kedua sisi dan bagian belakang akan tetap pada posisinya. Pola kemunduran garis rambut akan membentuk huruf U.

Perlu diketahui bahwa wanita cenderung mengalami penipisan rambut dibanding kemunduran garis rambut dan kebotakan total. 

Baca Juga : Peradaban yang Hidup dan Berkembang di Dalam Area Panas Bumi Kamojang

Dilansir dari Hello Sehat, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan garis rambut semakin mundur.

Usia

Faktor kemunduran garis rambut yang paling utama adalah faktor usia. Penelitian menunjukkan bahwa kebotakan pada pria berhubungan dengan hormon androgen. Semakin bertambahnya usia, maka semakin sedikit hormon androgen yang akan diproduksi oleh tubuh.

Setiap rambut pada kepala memiliki siklusnya masing-masing. Setelah tumbuh, rambut akan rontok untuk menggantikannya dengan rambut baru. Biasanya, folikel rambut yang telah rontok akan diganti dengan folikel baru dalam ukuran yang sama.

Namun, karena suplai hormon androgen yang tidak mencukupi, folikel rambut akan menyusut sehingga rambut yang baru tumbuh akan lebih tipis, pendek, dan halus. Seiring waktu, folikel rambut semakin menyusut, siklus pertumbuhan rambut akan berakhir, dan akhirnya tidak ada rambut baru yang tumbuh.

Perubahan hormon