Apa yang Sebaiknya Dilakukan Saat Terjadi Gempa di Dalam Hotel?

By Nesa Alicia, Selasa, 2 Oktober 2018 | 14:15 WIB
Semakin tinggi bangunan, semakin terasa guncangan akibat gempa. (metamorworks/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Hotel Roa Roa di kawasan Maesa, Palu, Sulawesi Tengah, hancur pascagempa dengan magnitudo 7,4 mengguncang provinsi ini pada Jumat (28/9/2018).

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (2/10/2018) puluhan tamu diperkirakan masih berada di timbunan reruntuhan hotel. Beberapa orang ditemukan meninggal dalam reruntuhan hotel, sementara itu sedikit orang juga berhasil diselamatkan dalam keadaan hidup.

Baca Juga : Melihat Kehidupan Bhutan yang Mampu Bertahan dari Perubahan Iklim

Mereka terjebak di dalam hotel ketika gempa terjadi. Untuk itu, bagi yang sedang menginap di hotel, penting untuk mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan ketika gempa mengguncang. 

Saat Tiba di Kamar Hotel 

Segera identifikasi tempat-tempat yang aman untuk bersembunyi bila terjadi gempa, seperti di bawah meja yang kokoh. Pastikan Anda menjauhkan diri dari jendela, cermin dan perabotan lain yang dapat jatuh menimpa Anda. 

Beberapa orang seringkali beranggapan bahwa berdiri di dekat pintu dapat melindungi dari runtuhan-runtuhan. Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar karena mulut pintu tidak sekuat bangunan lain. 

Penting bagi Anda untuk menghafalkan peta evakuasi yang berada di belakang pintu. Bila tidak ada, Anda harus mengetahui jalur evakuasi yang terdekat dari kamar.

Jika Terjadi Gempa

Saat terjadi gempa, Anda harus segera menuju tempat yang telah Anda identifikasi sejak awal. Jika di dalam kamar tidak ada perabotan kokoh, Anda dapat berjongkok di salah satu sudut ruangan. Tutup wajah dan kepala Anda dengan tangan. Bila memungkinkan, Anda dapat mengambil bantal untuk menutupi bagian kepala dan wajah.

Baca Juga : Demi Melindungi Diri, Wanita Apatani Melubangi Hidung dan Menato Wajah

Setelah gempa