Julia Pastrana, 'Wanita Kera' yang Dieksploitasi Selama 153 Tahun

By Nesa Alicia, Senin, 8 Oktober 2018 | 11:21 WIB
Julia Pastrana (Via The Vintage News)

Nationalgeographic.co.id - Julia Pastrana lahir di pegunungan Meksiko Barat pada tahun 1834. Ia terlahir dengan kondisi rambut yang tumbuh menyelimuti tubuhnya. Kecuali pada bagian tangan dan telapak kakinya.

Apa yang dialami oleh Julia dianggap sebagai penyakit langka yang dikenal nama hipertrikosis acromegaloid. Ia juga menderita hiperplasia gingiva, yang membuat bibir serta gusinya menjadi tebal. Selain itu, Pastrana juga memiliki alis yang tebal, hidung yang besar, serta gigi yang tidak rapih. 

Julia menghabiskan masa kecilnya di dalam sebuah panti asuhan. Walau dekimian, banyak orang mengenal Julia karena kondisi fisiknya. Bahkan, gubernur negara bagian mengadopsi Julia sebagai penghibur dan pembantu rumah tangga. Julia tinggal di sana hingga berusia 20 tahun. Setelah itu, ia memutuskan untuk kembali ke sukunya. 

Baca Juga : Haus Akan Darah Perawan, Elizabeth Báthory Membunuh 612 Gadis Muda

Saat berada dalam perjalanan, ia bertemu dengan M. Rates, seorang pemain sandiwara. Rates membujuk Julia untuk ikut dengannya dan tampil di panggung hiburan. Julia pun memulai kariernya di Amerika Serikat dan Eropa, dan menjadi bagian dari pertunjukan aneh dan sirkus. 

Julia pertama kali ditampilkan di Gothic Hall di Broadway, New York City pada tahun 1854. Ia menyanyikan lagu-lagu Spanyol sambil menari Highland Fling dengan mengenakan gaun merah. Banyak orang datang untuk melihat pertunjukan Julia. Ia meraih kesuksesan dan dikenal sebagai "Wanita Kera" atau "Baboon Lady". 

Julia sebenarnya seorang wanita yang lembut dan baik hati. Ia juga cerdas dan rajin. Hal ini dapat dilihat dari cara ia bernyanyi, menari, dan berbicara dalam tiga bahasa, termasuk bahasa Inggris. Ia juga senang berperan, memasak, dan menjahit. 

Baca Juga : Holodomor, Peristiwa Pembunuhan dan Kelaparan Massal di Era Stalin

Sebelum dibawa ke Eropa, Julia menikahi Theodor Lent, seorang impresario yang kemudian menjadi managernya. Pernikahan mereka dilakukan secara rahasia. Banyak yang percaya bahwa Julia menikahinya karena cinta, berbeda dengan Lent yang menikahinya hanya agar dapat mengontrol penuh penghasilan yang diperoleh Julia.

Namun, dalam sebuah wawancara, Julia mengaku bahwa ia telah menolak lebih dari 20 lamaran dengan alasan pria tersebut tidak cukup kaya.

Julia Pastrana (mentalfloss.com)

Pada tahun 1857, Julia muncul dalam sebuah drama yang ditulis khusus untuknya di Leipzig, Jerman. Dalam poster publikasi, Julia terlihat aneh karena bibirnya diberi warna merah secara berlebihan dan mirip dengan gambaran radikal orang Afrika-Amerika pada saat itu.