Authai, Gajah Asia yang Bisa Mengerjakan Soal Matematika dengan Baik

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 25 Oktober 2018 | 13:09 WIB
Authai saat mengerjakan soal matematika. (Naoko Irie)

Nationalgeographic.co.id –Sebuah studi yang dipublikasikan pada Journal of Ethnology, menyatakan bahwa di Kebun Binatang Ueno, Jepang, para ilmuwan sukses mengajarkan gajah berusia 14 tahun untuk membandingkan jumlah angka menggunakan komputer layar sentuh.

“Studi ini merupakan bukti eksperimen pertama bahwa ada hewan dengan karakteristik kognitif terkait menghitung,” kata Naoko Irie, pemimpin penelitian dari Graduate Center for Advance Studies and Japan Society for the Promotion of Science.

Baca Juga : Pertama Kali dalam 80 Tahun, Peneliti Temukan Spesies Buaya Terbaru

Menggunakan ujung belalainya, Authai, gajah Asia di kebun binatang tersebut, ditugaskan untuk membandingkan foto buah di layar komputer. Ia diminta memilih pisang, semangka, dan apel, dengan jumlah terbanyak.

Authai akan mendapat hadiah apabila berhasil memilih jawaban yang benar. Diketahui, gajah ini berhasil menjawab 181 dari 271 pertanyaan dengan benar. Tingkat kesuksesannya mencapai 66,8%. Peneliti mengatakan, angka tersebut sangat baik, bahkan mencapai nilai kelulusan.

“Kami menemukan fakta bahwa kemampuan Authai tidak dipengaruhi dengan jarak, ukuran, atau rasio angka yang disajikan. Namun, sama seperti manusia, ia memerlukan waktu lebih lama saat menanggapi soal dengan perbandingan jarang angka yang lebih kecil,” papar Irie.

Baca Juga : Menjaga Benteng Terakhir Harimau Sumatra di Bukit Barisan Selatan

Authai bukan satu-satunya gajah Asia yang menjadi terkenal karena memiliki kemampuan seperti manusia.

Paya, yang bisa melukis, telah meraih ketenaran selama satu dekade. Setelah video Paya yang sedang melukis, viral, muncul gajah-gajah lain dengan kemampuan serupa.