Menyambut Java, Bayi Orangutan Yang Lahir di Kebun Binatang Prancis

By Nesa Alicia, Senin, 29 Oktober 2018 | 09:28 WIB
(AFP / Eric FEFERBERG)

Nationalgeographic.co.id - Kebun binatang tertua di Prancis, Jardin des Plantes menyambut kelahiran bayi orangutan pada Rabu (24/10/2018). Bayi perempuan ini diberi nama Java

Ayah Java, Banggi, lahir di Spanyol pada 2006 dan telah dipisahkan dari ibu dan bayinya.

"Di alam, orangutan laki-laki tidak membesarkan anak mereka," kata pengurus kebun binatang.

Ini merupakan ketiga kalinya sang induk, Theodora melahirkan bayi. Namun, ini menjadi kali pertama Banggi menjadi seorang ayah. 

Baca Juga : Bagaimana Cara Seorang Vegetarian Memenuhi Kebutuhan Proteinnya?

Saat para jurnalis mengambil foto keduanya, Theodora tampak memeluk Java di lengannya sebelum meletakkannya di atas bahunya.

Pihak kebun binatang mengatakan Java adalah orangutan pertama yang lahir di sana sejak tahun 2005. Mereka menunggu Theodora membesarkannya sebelum mengirim Java ke kebun binatang yang berbeda.

Baca Juga : Konflik Antara Manusia dengan Harimau, Siapa Menyerang Siapa?

Orangutan adalah salah satu spesies yang paling terancam punah di dunia. Kini, hanya sekitar 50.000 yang tersisa di habitat alami mereka di hutan Kalimantan dan Sumatra. 

Menurut The International Union for Conservation of Nature, perburuan dan penghancuran habitat menjadi penyebab utama turunnya populasi orangutan.

Dalam waktu 20 tahun, populasi orangutan di alam liar telah berkurang separuhnya. Dan 80 persen habitat alami mereka telah dihancurkan.