Foto Bayi Selamat dari Kecelakaan Lion Air JT 610, Sutopo: Hoax!

By Gregorius Bhisma Adinaya, Rabu, 31 Oktober 2018 | 10:01 WIB
Ilustrasi pesawat jatuh. (Zeferli/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Pekan ini masyarakat Indonesia—bahkan mungkin dunia—dikejutkan dengan jatuhnya pesawat Boeing 737 Max 8 milik maskapai penerbangan Lion Air di perairan Tanjung Karawang. Kecelakaan yang terjadi pada hari Senin (29/10/2018) pagi ini menyisakan banyak tanda tanya, mengingat pesawat yang jatuh merupakan pesawat baru yang dimiliki oleh Lion Air.

Pencarian terhadap korban dan badan utama pesawat terus dilakukan. Berbagai lembaga pun turut serta dalam pencarian. Namun, usaha tak kenal lelah yang mereka lakukan ini seakan dimanfaatkan—sengaja, ataupun tidak sengaja—sebagai celah penyebaran berita palsu atau hoaks (hoax).

Salah satu hoaks yang banyak beredar melalui aplikasi percakapan dan media sosial adalah temuan bayi korban selamat penumpang pesawat yang jatuh. Warganet mungkin terkecoh dengan informasi palsu ini, mengingat pesawat nahas tersebut memang ditumpangi oleh 181 penumpang, dengan dua bayi di antaranya.

Baca Juga : Hindari Hoax dengan Pahami Cara Berita Palsu Mengelabui Otak

Menanggapi beredarnya informasi palsu tersebut, Kepala Pusat Data Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengunggah klarifikasi dalam akun twitter pribadinya. Dalam cuitannya, Sutopo mengatakan bahwa foto tersebut merupakan korban selamat dari kapal KM Lestari Maju yang tenggelam beberapa bulan lalu.

Tidak hanya satu

Hoaks seputar kecelakaan pesawat Lion Air diketahui tidak hanya satu yang beredar dalam masyarakat. Informasi palsu terkait foto dan video suasana kabin penumpang sebelum kecelakaan pun masih berlalu lalang di dunia maya. Berikut ini adalah beberapa hoaks lainnya.

1. Foto bangkai pesawat terbelah

Dalam sebuah foto, tampak badan pesawat yang sudah kehilangan ruang kemudi tengah dicoba untuk diangkat dengan alat berat oleh orang orang.

Dalam unggahan yang beredar, tertulis bahwa badan pesawat yang tampak dalam foto adalah pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh. Namun Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho membantah kabar tersebut melalui akun twitter miliknya.

Hingga kini, Selasa (30/10/2018) sore, badan pesawat Lion Air 610 belum ditemukan. Meski begitu, sejumlah serpihan pesawat sudah berhasil diangkut oleh tim yang terlibat.

2. Video pesawat tergelincir di laut