Black Box Lion Air JT 610 Ditemukan, Mengapa 'Kotak Hitam' Begitu Penting?

By Gregorius Bhisma Adinaya, Kamis, 1 November 2018 | 15:14 WIB
Beberapa jenis kotak hitam milik KNKT. (Bhisma Adinaya/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id - Black box atau yang biasa disebut dengan kotak hitam pesawat Lion Air PK-LQP JT 610 yang mengalami kecelakaan dan jatuh di perairan Karawang, telah ditemukan pada hari ini, Kamis (1/1/2018).

Setelah dikabarkan terdeteksi (ping) pada hari sebelumnya, kotak berisi data penerbangan dan percakapan di cockpit ini akhirnya ditemukan pada pukul 10.00 WIB oleh seorang anggota tim penyelam TNI AL, Sertu Marinir Hendra Saputra, di kedalaman 30 meter.

Dilansir dari Kompas TV, kotak yang sejatinya berwarna oranye ini sudah dibawa oleh Kapal Riset Baruna Jaya I milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Setiap kali terjadi kecelakaan pesawat, kotak hitam selalu dicari dengan segala cara. Sebenarnya mengapa kotak hitam begitu penting?

Baca Juga : Foto Bayi Selamat dari Kecelakaan Lion Air JT 610, Sutopo: Hoax!

Dalam sebuh kecelakaan pesawat, upaya menemukan korban penumpang memang menjadi hal yang utama. Tidak hanya pencarian korban, badan pesawat dan keberadaan kotak hitam juga menjadi objek yang dicari oleh tim yang terlibat.

Perlu diketahui, kotak hitam adalah sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi yang merujuk pada perekam data penerbangan flight data recorder (FDR) dan perekam suara kokpit cockpit voice recorder (CVR) dalam pesawat terbang.

Fungsi dari kotak hitam sendiri adalah untuk merekam dan menyimpan pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC), serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan. Tidak hanya itu, ketinggian pesawat dan pengaturan pilot terhadap pesawat pun ikut terekam.

penampilan pesawat lion air max 8 (Facebook Lion Air Group / kompas.com)

Alat perekam ini dilengkapi dengan sistem sinyal darurat berupa sinyal "ping" yang bisa digunakan untuk mendeteksi lokasinya. Jika tenggelam di air, sinyal dengan segera terpancar secara otomatis. Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dalam sebuah temu wartawan mengatakan bahwa kotak hitam pesawat Lion Air yang jatuh didesain untuk bertahan selama 90 hari untuk mengeluarkan sinyal ping tersebut.

Meski begitu, biasanya para ahli memperhitungkan waktu 6-10 hari sampai baterai melemah.

Untuk mendeteksi posisi kotak hitam di bawah air, tim pencari bisa menggunakan bantuan mikrofon bawah air dan detektor sonar.

Kotak hitam sebenarnya berupa tabung, namun kotak hitam modern tidak berukuran besar, hanya sebesar kotak sepatu. Tabung kotak hitam mampu menahan bantingan dari ketinggian, kedap air hingga kedalaman 6.000 meter, dan mampu bertahan dalam suhu panas di atas 1.000 derajat Celcius selama sedikitnya 30 menit. Jadi, tabung kotak hitam pesawat tidak mudah rusak walaupun terbanting dan terbakar.