Untuk Kesekian Kalinya, Potongan Plastik Ditemukan di Tubuh Hewan Laut

By Gita Laras Widyaningrum, Jumat, 9 November 2018 | 14:06 WIB
Potongan plastik dari tutup tabung gas di dalam tubuh lobster. (SWNS.com via Daily Mail)

Nationalgeographic.co.id – Gambar mengejutkan menunjukkan potongan plastik di dalam perut lobster saat makhluk laut itu sedang dimasak oleh seorang koki.

Claudia Escobar menemukan potongan plastik berwarna oranye—yang biasa digunakan pada tutup tabung gas—di dalam tubuh lobster saat ia membelahnya. Claudia sedang menyiapkan sajian di restorannya di Skotlandia kala itu.

Baca Juga : Bayi Hiu Ditemukan Tewas Akibat Terjebak Dalam Sampah Karung Beras

Ahli biologi kelautan mengatakan, krustasea itu mungkin mengira potongan plastik sebagai  remis di laut. Warna oranye-nya yang terang juga menarik perhatian lobster hingga akhirnya memakannya.

Diketahui bahwa 90% persen perut hewan laut tersebut dipenuhi dengan potongan plastik dari tutup tabung gas.

(SWNS.com via Daily Mail)

“Selama ini, kami sudah melihat beberapa plankton hingga hiu yang menelan sampah plastik. Namun, ini pertama kalinya saya melihat ada lobster yang benar-benar memakannya,” kata John Hourston, pendiri Blue Planet Society.

“Tampaknya sudah tidak ada lagi hewan laut yang belum tersentuh sampah yang kita buang ke sana,” imbuhnya.

Baca Juga : Pencemaran Udara di India Semakin Parah Setelah Perayaan Diwali

Bruce Stewart, pengajar Ekologi Kelautan di University of York, juga mengaku terkejut dengan penemuan ini. “Saya belum pernah melihatnya di dalam lobster. Biasanya, kita harus menggunakan mikroskop untuk melihat plastik di tubuh hewan laut. Namun, kini, kita bisa melihatnya dengan jelas dan itu sangat mengejutkan,” katanya.

“Penemuan plastik pada hewan semakin umum terjadi. Sungguh sangat mengkhawatirkan,” pungkasnya.