Perawatan Kulit dengan 6 Bahan yang Mudah Ditemukan di Pasar

By Vinsensia Pintaria, Senin, 26 November 2018 | 11:23 WIB
Bahan alami dalam perawatan kesehatan. (mirzamlk/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Skin Care atau produk perawatan kulit merupakan hal wajib bagi seseorang yang memang ingin menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuh. Namun, tidak dapat dimungkiri bahwa sebagian besar produk-produk perawatan ini dapat merogoh kantong Anda lebih dalam.

Sebenarnya merawat kulit tidak melulu dan harus menguras tabungan Anda. Berbagai bahan alami yang dapat kita temukan di Pasar, ternyata mampu menjadi bahan asupan gizi bagi kulit. Berikut ini adalah enam bahan alami yang dimaksud:

  1. Menghilangkan Flek dengan Mentimun dan Bengkuang

Tidak hanya lezat dan baik untuk kesehatan, mentimun dan bengkuang dapat dijadikan sebagai bahan penghilang flek yang mengganggu penampilan Anda. Olah dengan blender dan oleskan ke wajah Anda secara merata selama kurang lebih 10-15 menit.

Kemudian, bersihkan dengan air. Berikan tepukan ringan di wajah Anda agar kandungan buahnya meresap ke dalam kulit dan terasa fresh.

Baca Juga : Temuan Kuburan Massal, 230 Kerangka Ditemukan Saat Penggalian Fondasi

  1. Peeling dengan Irisan Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki berbagai khasiat yang berguna bagi tubuh, termasuk wajah. Irisan jeruk nipis dapat dijadikan sebagai bahan peeling alami. Caranya, oleskan irisan jeruk nipis ke wajah Anda dan tunggu hingga mengering sekitar 10-15 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat agar pori-pori wajah terbuka dan komedo pun hilang. Kembali bilas wajah dengan air dingin untuk menutup pori-pori yang terbuka.

  1. Ganti Pelembab dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun terkenal dengan khasiatnya yang beragam, salah satunya bagi kulit. Bagi Anda pemilik kulit yang cenderung kering, gunakanlah pelembab dengan minyak zaitun setiap hari secara teratur agar mendapatkan kulit yang lebih sehat, halus, dan bercahaya.

Minyak zaitun dapat mencegah berkembangnya sel kanker dan juga mematikan sel-sel yang tidak normal. (iStock)

  1. Basmi Komedo dengan Tomat

Selain enak untuk dikonsumsi, ternyata tomat memiliki khasiat untuk menghilngkan komedo, jerawat, bahkan bekas jerawat. Caranya, iris atau blend tomat dan oleskan pada bagian wajah yang berjerawat atau berkomedo. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas. Lakukan 1-2 kali seminggu secara rutin untuk merasakan manfaatnya.

  1. Pisang, Serum yang Membuat Kulit Kenyal

Serum menjadi salah satu skin care yang tidak boleh terlewatkan. Harga serum pun beragam dan terbilang cukup mahal. Apalagi jika produk-produk serum tersebut merupakan produk impor. Yah, mau tidak mau kita harus membayar pajaknya secara tidak langsung.

Namun jangan khawatir! Bagi Anda yang ingin memiliki serum tapi low budget, Anda dapat menggunakan pisang sebagai serum alami yang lebih menyehatkan. Bahan yang dibutuhkan hanya sebuah pisang Ambon yang kulitnya sudah dikupas dan dihancurkan. Campurkan adonan pisang dengan 1 sendok madu dan oleskan pada wajah. Diamkan selama kurang lebih 30 menit dan bersihkan dengan air hangat.

Pisang tidak hanya bermanfaat ketika dikonsumsi. (thinkstock)