Banyak Orang Indonesia Mengidap Penyakit Diabetes, Apa Penyebabnya?

By Nesa Alicia, Kamis, 15 November 2018 | 17:05 WIB
(simpson33)

Nationalgeographic.co.id - Jumlah penderita diabetes di Indonesia diperkirakan meningkat setiap tahunnya. Menurut Federasi Diabetes Internasional pada 2015, jumlah penderita diabetes di Indonesia dengan rentang usia 20-79 tahun mencapai 10 juta orang. Angka ini tidaklah sedikit. 

Namun, masih banyak yang tidak menyadari apa yang membuat orang-orang terkena diabetes. 

Dilansir dari Hello Sehat, Kamis (15/11/2018), berikut beberapa hal yang menjadi penyebab banyaknya penderita diabetes di Indonesia:

Baca Juga : Ini yang Akan Terjadi Jika Dua Galaksi di Alam Semesta Bertabrakan

Makan nasi tiga kali sehari

Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia. Bagi orang Indonesia, belum makan nasi berarti belum makan. Inilah yang membuat mereka seringkali mengonsumsi nasi tiga kali, bahkan lebih. Menurut riset terbaru, nasi berisiko tinggi dalam meningkatkan risiko diabetes tipe 2. 

Penelitian menemukan fakta bahwa orang yang mengonsumsi nasi putih lebih dari lima kali dalam seminggu, berisiko 17 persen lebih tinggi mengalami diabetes tipe 2.

Selain itu, orang yang setiap hari makan nasi dalam porsi yang besar, risiko terkena diabetesnya akan meningkat 10 persen. 

Keterkaitan ini ditemukan pada orang-orang Asia yang mengonsumsi nasi sebanyak 3-4 porsi sehari.

Meski penelitian belum dapat membuktikan dengan pasti, tetapi skor indeks glikemik nasi putih cukup tinggi yaitu sekitar 86 dibandingkan makanan pokok lainnya seperti beras merah di mana hanya sekitar 55 persen. 

Sering minum teh dan kopi

Penyebab diabetes bukanlah dari teh atau kopi yang diminum, melainkan dari berapa banyak gula yang ditambahkan. Akan semakin parah apabila dikonsumsi sepanjang hari.