Jakarta, Makassar—Sulawesi Selatan, dan kini Yogyakarta, Toyota Eco Youth bersama National Geographic Indonesia dan Majalah Hai kembali menggelar kegiatan sosialisasi dan perkenalan kepada siswa-siswi sekolah menengah atas dan kejuruan. Tujuannya, para pelajar mampu melahirkan gagasan atau ide yang mampu mengatasi permasalahan yang ada di sekitar lingkungan sekolah—setidaknya dalam radius lima sampai sepuluh kilometer. Tentu, dalam jangka panjang, kompetisi ini diharapkan mampu menghadirkan generasi muda yang tanggap dan bertanggung jawab terhadap permasalahan lingkungan serta sosial yang terjadi di sekitar kita.
Setelah melakukan sosialisasi di Jakarta (melalui gelaran Hai Day—Celebrating Eco Youth) dan Makassar, pihak panitia kompetisi menyatakan bahwa proposal ide yang telah terkumpul lebih dari 170 gagasan. Selain menuliskan gambaran dan rencana gagasan setelah sosialisasi dilakukan, para pelajar juga terus mengumpulkan usulan solusi itu melalui situs web www.ecoyouthtoyota.com
"Para pelajar di Makassar begitu antusias mengirimkan proposal ide. Kami berharap (pelajar) kota-kota lainnya juga memiliki semangat yang sama," ujar Didi Kaspi Kasim, Editor in Chief, National Geographic Indonesia. Saat mengikuti sosialisasi, para pelajar didampingi oleh guru pemimbing dari sekolah masing-masing. Dengan demikian, pemetaan masalah yang terjadi di lingkungan sekitar sekolah hingga proses melahirkan solusi atas problem tersebut tetap berada dalam pengawasan guru sebagai pengayom siswa.
Di Yogyakarta, kegiatan sosialisasi akan dilakukan pada Senin (28/10) dengan melibatkan puluhan sekolah menengah atas dan kejuruan di wilayah kota dan sekitarnya. Rencananya, kegiatan digelar dalam diskusi setengah hari dan para pelajar akan dibimbing untuk memahami cara pengisian proposal sehingga memudahkan untuk mematakan masalah dan menuangkan ide atau gagasan.
Dengan menggandeng National Geographic Indonesia dan HAI (majalah remaja pria Indonesia), Toyota Indonesia kembali menggelar Toyota Eco Youth yang kedelapan. Kompetisi yang digelar secara simultan ini, secara resmi dibuka bagi para pelajar sekolah menengah atas dan kejuruan di Indonesia. Puncak kompetisi akan berujung dengan malam penganugerahan bagi para pemenang pada April 2014.
Toyota Eco Youth memang ditujukan untuk membangun cara pandang generasi muda Indonesia (khususnya para pelajar sekolah menengah atas dan kejuruan atau sederajat) dan memberikan kontribusi langsung terhadap peningkatan kualitas lingkungan sekolah serta komunitas sekitarnya. Toyota telah mengadakan kompetisi ini sejak 2005 yang telah melibatkan 85 sekolah menengah atas dan kejuruan di seluruh Indonesia.
Dalam pelaksanaannya, Toyota Eco Youth telah menyebarluaskan kampanye atau penyadaran dari peningkatan lingkungan dasar melalui sekolah menengah atas dan kejuruan atau sederajat. Pada akhirnya, para peserta Toyota Eco Youth mampu meningkatkan kualitas lingkungan sekolah melalui inisiatif serta langkah hijau.
Pada 2013, kompetisi Toyota Eco Youth dengan konsep yang baru. Melalui konsep yang disebut Green GEOneration, para peserta diharapkan mampu mengembangkan kepedulian dan inovasi ramah lingkungan yang bermanfaat bagi sekolah serta memberikan jalan keluar terhadap masalah yang dihadapi oleh komunitas yang ada di sekitarnya.
Sekolah menengah atas dan kejuruan atau sederajat diminta untuk mengenali permasalahan lingkungan yang ada di sekitar sekolah. Dari situ tim sekolah mendata dan menuliskan ide yang dapat memberikan jalan keluar atas permasalahan yang ada. Ide yang diusulkan tidak harus rumit, tetapi bisa berupa inovasi yang sederhana. Kuncinya, ide yang diusulkan tepat sasaran dan dapat diimplementasikan dengan baik dan berkelanjutan.
Proposal yang diterima oleh panitia 8th Toyota Eco Youth – Green GEOneration 2013 akan diseleksi dan dipilih sebanyak 20 ide/inovasi yang dinilai layak untuk diimplementasikan. Proposal ide yang terpilih itu akan mendapatkan bantuan, berupa uang tunai untuk diwujudkan dalam tiga bulan. Pada akhirnya, hasil implementasi ide/inovasi itu akan berkompetisi untuk meraih hadiah utama dari Toyota dengan total hadiah uang tunai ratusan juta rupiah.
Dalam penyusunan proposal, 8th Toyota Eco Youth – Green GEOneration 2013 membagi dua kategori: produk dan proses. Untuk proposal ide/inovasi yang bersifat produk adalah objek fisik yang dapat meningkatkan dan memiliki dampak terhadap perbaikan kualitas lingkungan sekolah dan komunitas sekitarnya. Sementara itu, kategori proses adalah aktivitas atau program yang mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas lingkungan sekolah dan komunitas sekitarnya.
Jadi, buat pelajar sekolah menengah atas dan kejuruan Indonesia, tunggu apa lagi, ayo kita ikut 8th Toyota Eco Youth – Green GEOneration 2013.
Penulis | : | |
Editor | : | Kontributor Singapura, Ericssen |
KOMENTAR