Nationalgeographic.co.id - Ketika mendengar bajak laut, mungkin kita berpikir: burung beo, penutup mata, dan kaki kayu. Untuk berbagai alasan, penggambaran ini telah meluas di berbagai karya sastra dan sinematografi dari banyak era. Seperti Treasure Island oleh Stevenson dan karakter Long John Silver dengan kaki kayu dan burung beo yang diikat di bahu, telah menjadi pola dasar para penjelajah lautan ini.
Baru-baru ini Pirates of the Caribbean menawarkan visi pembajakan yang penuh fantasi dari jaket yang dihiasi dengan tengkorak hingga peti yang diukir dengan tulang kering.
Jadi, tugas para ilmuwanlah yang menyaring mitos-mitos ini melalui saringan realitas sejarah. Mengenakan setelan neoprene, tabung udara di punggung mereka, dan mempelajari dasar laut untuk mencari petunjuk dan tanda. Koin, meriam, barang pecah belah yang ditemukan di lokasi kapal karam, semuanya merupakan jejak yang ditinggalkan oleh bajak laut pada masa keemasannya, abad ke-17 dan ke-18 dari Laut Karibia hingga Samudra Hindia.
Begitu banyak potongan teka-teki yang sejalan dengan studi arsip memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang kehidupan sehari-hari para bajak laut, angkatan laut, atau pedagang ini.
Baca Juga: Kiprah Si 'Janggut Merah' Barbarossa, dari Bajak Laut Hingga Laksamana
Jean Soulat, akeolog dan co-presiden program penelitian Archéologie de la Piraterie telah mempelajari pertanyaan tersebut sejak 2013. Untuk melengkapi pengetahuan ini ia mengarahkan karya kolektif Archéologie de la Piraterie dari abad ke-17 dan abad ke-18 diterbitkan oleh edisi Mergoil pada 2019.
Ia tak berhenti di situ. Selama beberapa bulan ke depan, tim penelitinya akan melakukan perjalanan ke Mauritius dan Madagaskar untuk mempelajari dua bangkai kapal bajak laut dan untuk menjelajahi beberapa sisa tanah. Penelitian yang tidak dipublikasikan tentang sejarah arkeologi pembajakan dan yang akan menjadi subjek film dokumenter yang diproduksi oleh program Gédéon.
Kurang dari selusin bangkai kapal bajak laut dari abad ke-17 dan ke-18 telah diidentifikasi. Mengapa begitu sedikit?
Di satu sisi, ada kurang dari 20 arkeolog yang mengkhususkan diri dalam pembajakan dan disiplin ini cukup baru. Itu lahir pada 1960-an di Amerika Serikat kemudian tiba di Prancis pada 1980-an, terutama dengan penemuan Patrick Lizé dan Jacques Dumas dari Speaker, kapal bajak laut Inggris John Bowen yang karam pada 1802 di timur pantai Mauritius. Saat itulah bangkai bajak laut pertama yang secara resmi diidentifikasi oleh arsip dan arkeologi.
Di sisi lain, penyelidikan bisa memakan waktu. Bangkai kapal yang berasal dari periode ini berjumlah ribuan. Untuk mempersempit bidang penelitian, para arkeolog pertama kali mengacu pada buku General History of Pirates yang ditulis oleh Daniel Defoe pada 1724, yang menceritakan kehidupan 35 bajak laut. Para ilmuwan sedang mencari bangkai kapal mereka secara khusus. Inilah sebabnya mengapa dari beberapa kapal bajak laut yang diidentifikasi, sebagian besar milik bajak laut terkenal, sudah dipublikasikan pada masanya oleh penulis ini.
Namun, bahkan dengan sumber-sumber sejarah ini, tidak selalu mudah untuk mengaitkan bangkai kapal dengan catatan waktu dan mengidentifikasinya secara formal. Misalnya, bangkai kapal Queen Anne's Revenge milik Blackbeard yang ditemukan pada 1997 baru bisa diidentifikasi secara ilmiah hingga September 2011. Itu tidak terlalu rumit bagi Speaker karena kami tidak hanya memiliki satu kapal di area pencarian.
Source | : | National Geographic France |
Penulis | : | Fikri Muhammad |
Editor | : | Warsono |
KOMENTAR