Nationalgeographic.co.id—Ledakan Besar atau Big Bang adalah teori ilmiah mengenai asal-usul terciptanya alam semesta yang paling dipercaya manusia saat ini. Namun tidak bagi suku Aztec di benua Amerika.
Suku Aztec, seperti budaya Mesoamerika lainnya, adalah politeistik. Mereka percaya bahwa semua aspek alam, seperti angin dan hujan, dan semua aktivitas manusia, seperti pertanian dan peperangan, memiliki dewa pelindung.
Para ahli agama Aztec telah membagi dewa-dewa Aztec menjadi tiga kategori berbeda. Ada dewa kosmik atau pencipta, dewa pertanian, air, dan kesuburan, dan dewa perang dan pengorbanan.
Suku Aztec percaya bahwa alam semesta terdiri dari tiga tingkat yang dihubungkan oleh poros tengah yang diwakili oleh kuil Templo Mayor di Tenochtitlan. Mereka percaya bahwa poros tengah ini, atau poros mundi, menghubungkan dunia bawah, bumi, dan langit.
Dunia yang dikenal umat manusia disebut Tlaltipac. Dunia ini dianggap sebagai piringan di tengah alam semesta. Dunia bawah terdiri dari 9 tingkat. Alam surgawi terdiri dari 13 tingkat.
Bentuk paling umum dari mitos penciptaan Aztec mengatakan bahwa, pada awalnya, ada kekosongan. Dewa pencipta adalah laki-laki dan perempuan, terang dan gelap, jahat dan baik hati. Dewa ini memiliki empat anak, Tezcatlipoca, Quetzalcoatl, Xipe Totec, dan Huitzilopochtli.
Sebagaimana dilansir Anceint Origins, suku Aztec percaya bahwa empat zaman telah berlalu dan bahwa mereka saat ini hidup di zaman kelima matahari. Di setiap zaman, dewa yang berbeda memainkan peran matahari dan setiap zaman dikaitkan dengan elemen yang berbeda.
Selama zaman pertama matahari, Tezcatlipoca adalah matahari. Tezcatlipoca, bagaimanapun, tidak dapat mencapai tingkat kecemerlangan tertentu dan hanya setengah matahari.
Pada zama ini, dunia dihuni oleh para raksasa. Ada perseteruan antara Tezcatlipoca dan Quetzalcoatl dan para raksasa dihancurkan oleh wabah jaguar. Unsur zaman ini adalah bumi.
Selama zaman matahari kedua, Quetzalcoatl adalah matahari dan manusia tampak seperti manusia hari ini. Manusia-manusia ini, bagaimanapun, menjadi korup dan akhirnya berubah menjadi para monyet sebagai kutukan.
Para monyet modern diyakini sebagai keturunan mereka. Zaman kedua matahari berakhir dengan badai yang dikirim oleh Quetzalcoatl untuk menghancurkan sebagian besar monyet. Elemen penguasa zaman ini adalah udara.
Selama zaman matahari ketiga, Tlaloc adalah dewa yang berkuasa dan elemen yang berkuasa adalah api. Selama zaman ini, Tezcatlipoca menculik istri Tlaloc.
Sebagai balas dendam, Tlaloc mengubah manusia penghuni dunia menjadi kalkun, anjing, dan kupu-kupu. Zaman dunia ini berakhir dengan api yang berkobar dari langit atas perintah Quetzalcoatl.
Selama zaman matahari keempat, saudara perempuan Tlaloc, Calchiuhtlicue, adalah dewi yang berkuasa. Elemen penguasa zaman ini adalah air.
Baca Juga: Menyingkap Sisi Lain dari Montezuma, Penguasa Peradaban Aztec
Baca Juga: Kenapa Suku Aztek Suka Bikin Ritual Pengorbanan Manusia Berdarah-darah
Baca Juga: Menyingkap Sisi Lain dari Montezuma, Penguasa Peradaban Aztec
Baca Juga: Mulai dari Mengiris Organ hingga Kanibalisme, Ritus Ngeri Aztec
Pada zaman ini, Quetzalcoatl dan Tezcatlipoca menjadi cemburu dan menyebabkan matahari jatuh dari langit. Dunia ini berakhir dengan banjir dan manusia zaman ini berubah menjadi ikan.
Usia kelima matahari adalah waktu saat ini, dan matahari saat ini adalah dewa Nanahuatzin. Pada awal zaman sekarang, para dewa mengorbankan diri mereka sendiri untuk memungkinkan kehidupan.
Suku Aztec percaya bahwa para dewa telah menumpahkan darah mereka untuk memberikan kehidupan kepada alam semesta dan umat manusia. Mereka percaya bahwa, sebagai akibatnya, umat manusia berhutang budi kepada para dewa dan harus membayar para dewa dengan menumpahkan darah mereka sendiri.
Suku Aztec percaya bahwa dunia terdiri atas hubungan yang berlawanan, keseimbangan yang diperlukan agar dunia terus berfungsi. Kebalikan ini termasuk panas dan dingin, kering dan basah, laki-laki dan perempuan, dan terang dan gelap.
Dualisme ini merupakan inti dari pandangan dunia Aztec. Suku Aztec percaya bahwa manusia bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan di alam semesta melalui ritual dan pengurbanan mereka.
Source | : | Ancient Origins |
Penulis | : | Utomo Priyambodo |
Editor | : | Mahandis Yoanata Thamrin |
KOMENTAR