Nationalgeographic.co.id—Jika Anda pernah merasa bahwa ada banyak sekali hal buruk yang terjadi di dunia dan semuanya terkait dengan hal-hal yang disukai, Anda mungkin terlalu banyak membaca berita di media sosial.
Penelitian terbaru telah menetapkan bahwa berita buruk jauh lebih mungkin untuk disebarkan daripada kabar baik, dan lebih mungkin untuk dibagikan dan dikirim ke umpan berita media sosial Anda oleh penyedia berita digital Anda. Pertanyaannya adalah: Mengapa ini terjadi? apakah hanya media sosial yang membuat dunia tampak lebih buruk? dan, Apa yang dapat Anda lakukan?
Sebuah studi berjudul, "Left- And Right-Leaning News Organizations’ Negative Tweets Are More Likely to Be Shared" meneliti lebih dari 140.000 tweet dari 24 organisasi berita. Penelitian ini menemukan bahwa tweet yang mengungkapkan perasaan dan posisi negatif jauh lebih sering daripada yang positif. Begitu juga dalam hal membagikan berita, lebih banyak berita negatif.
Ada sangat sedikit pekerjaan yang dilakukan pada jenis efek ini di dunia digital, tetapi dari penelitian ini, dan pengalaman kita sehari-hari, kita dapat merasakan bahwa berita di media sosial biasanya adalah berita buruk – baik dalam artian bahwa itu adalah berita buruk dan dalam arti dampak negatifnya bagi pembaca. Orang-orang cemas tentang dunia, dan mereka dibuat lebih cemas oleh media sosial.
Satu hal yang harus segera disingkirkan adalah kebanyakan orang tidak ingin cemas dan tidak berkubang dalam berbagi konten negatif. Ternyata, di luar gelembung organisasi berita digital, konten media sosial umumnya lebih positif daripada negatif ketika publik umum memposting dan membagikan konten.
Tentu saja, tingkat positif palsu yang berpotensi beracun dapat menimbulkan masalahnya sendiri, terutama jika kita berpikir bahwa orang lain melakukan lebih baik daripada kita, membuat perbandingan yang tidak sehat. Namun demikian, temuan mengenai berita media sosial1 menyiratkan bahwa perusahaan media sosial berpotensi ingin kita membaca berita buruk dan menjadi cemas.
Alasan mengapa demi kepentingan organisasi berita digital, dan mungkin perusahaan media sosial untuk membuat penggunanya cemas, telah dibahas sebelumnya. Kecemasan dikaitkan dengan kewaspadaan yang berlebihan. Saat Anda takut akan sesuatu, Anda harus berhati-hati untuk itu: Anda lebih banyak memindai dunia untuk tanda-tanda bahaya yang akan datang. Dalam hal media sosial, ini berarti Anda terus menggunakan hal yang membuat Anda cemas. Hasilnya adalah perusahaan media sosial dan/atau organisasi berita mendapatkan lebih banyak membaca dan dapat menjual lebih banyak iklan. Namun, pertanyaannya tetap mengapa berita buruk lebih mudah menarik perhatian kita. Apa psikologi di balik potensi manipulasi pengguna digital ini?
Ada dua alasan mengapa kita tertarik pada hal negatif, dan untuk memahaminya, kita harus memahami beberapa pekerjaan dasar yang dilakukan jauh dari media sosial – biasanya di laboratorium pembelajaran atau ilmu saraf. Banyak ahli teori pembelajaran yang tertarik pada apa yang mendorong perilaku menyatakan bahwa setiap stimulus – dalam hal ini, sebuah berita di media sosial – memiliki dua rangkaian atribut yang luas: Sebuah stimulus (berita) memiliki sifat "afektif" dan rangkaian "indrawi" properti.
Yang terakhir lebih banyak dan menentukan rangsangan dalam hal ukuran, bentuk, warna, dll.; mereka memberikan detail tentang apa yang terdiri dari stimulus. Ada banyak sifat sensorik seperti itu, dan semuanya dapat bersaing satu sama lain untuk mendapatkan perhatian kita. Kita cenderung secara sadar memusatkan perhatian pada segala sesuatu yang baru atau tidak terduga, dan secara tidak sadar kita memproses apa yang diharapkan dengan sangat cepat. Jadi, perhatian kita, meski diarahkan ke berbagai aspek, masih tersebar di beberapa sifat indrawi ini.
Sebaliknya, sifat afektif sangat sederhana: Baik atau buruk, tanpa nuansa abu-abu. Ini telah diterima sebagai pandangan motivasi sejak Freud, dan Behavioris juga menerima ini kurang lebih benar. Karakteristik ini memberikan pengolahan sifat afektif dua keuntungan yang berbeda atas pengolahan sifat sensorik. Pertama, karena kesederhanaannya, kita tidak perlu membuang banyak waktu untuk mengolah unsur-unsurnya dengan tepat, artinya kita cepat belajar tentang sifat atau aspek afektif.
Kedua, karena sering secara langsung relevan dengan kelangsungan hidup kita, kita melihat aspek situasi ini sebelum sifat-sifat indrawi, terutama jika itu mengancam. Kita cenderung mencari yang negatif dan memproses informasi ini lebih cepat, dan lebih mudah daripada yang positif. Hasilnya adalah bahwa perusahaan media sosial, perusahaan berita, dan organisasi politik, dapat menggunakan rangkaian dasar strategi psikologis ini untuk membuat orang tetap membaca situs dan materi mereka.
Source | : | Psychology Today |
Penulis | : | Hanny Nur Fadhilah |
Editor | : | Mahandis Yoanata Thamrin |
KOMENTAR