Nationalgeographic.co.id—OpenAI, perusahaan laboratorium penelitian kecerdasan buatan dan pencipta ChatGPT yang fenomenal, belum lama ini telah meluncurkan secara resmi produk chat bot AI terbaru yaitu GPT-4. Chat bot terbaru mereka tersebut diklaim memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dari versi sebelumnya.
Menurut orang-orang di OpenAI, chat bot terbaru mereka itu, menggunakan pembelajaran mesin yang dapat menghasilkan teks bahasa alami, lulus ujian bar dengan skor persentil ke-90, lulus 13 dari 15 ujian AP (Advance Placement), dan mendapat skor hampir sempurna pada tes Verbal GRE.
Namun, para peneliti di Brigham Young University (BYU) dan 186 universitas lain ingin tahu bagaimana teknologi OpenAI akan berhasil dalam ujian akuntansi.
Jadi, mereka menguji versi aslinya, ChatGPT. Para peneliti mengatakan bahwa meskipun masih ada pekerjaan yang harus dilakukan di bidang akuntansi, ini adalah pengubah permainan yang akan mengubah cara semua orang mengajar dan belajar — menjadi lebih baik.
Studi baru mereka tersebut telah diterbitkan di jurnal Issues in Accounting Education dengan judul "The ChatGPT Artificial Intelligence Chatbot: How Well Does It Answer Accounting Assessment Questions?"
“Ketika teknologi ini pertama kali muncul, semua orang khawatir bahwa siswa sekarang dapat menggunakannya untuk berbuat curang,” kata penulis studi utama David Wood, seorang profesor akuntansi BYU.
“Tapi peluang untuk berbuat curang selalu ada. Jadi bagi kami, kami mencoba untuk fokus pada apa yang dapat kami lakukan dengan teknologi ini sekarang," katanya.
"Yang sebelumnya tidak dapat kami lakukan untuk meningkatkan proses pengajaran untuk fakultas dan proses pembelajaran untuk siswa. Mengujinya sangat membuka mata."
Sejak debutnya pada November 2022, ChatGPT telah menjadi platform teknologi dengan pertumbuhan tercepat yang pernah ada, mencapai 100 juta pengguna dalam waktu kurang dari dua bulan.
Menanggapi perdebatan sengit tentang bagaimana model seperti ChatGPT harus memperhitungkan pendidikan, Wood memutuskan untuk merekrut sebanyak mungkin profesor untuk melihat bagaimana AI melawan mahasiswa akuntansi universitas yang sebenarnya.
Pitch perekrutan rekan penulisnya di media sosial meledak: 327 rekan penulis dari 186 lembaga pendidikan di 14 negara berpartisipasi dalam penelitian, menyumbangkan 25.181 pertanyaan ujian akuntansi kelas.
Source | : | Issues in Accounting Education,Brigham Young University |
Penulis | : | Ricky Jenihansen |
Editor | : | Mahandis Yoanata Thamrin |
KOMENTAR