Nationalgeographic.co.id - Dewa-dewi dalam mitologi Yunani sering kali digabungkan dengan dewa asing dalam sinkretisme Agama oleh orang Yunani kuno. Penggabungan tersebut sering dilakukan orang-orang Yunani kuno saat bertemu dengan peradaban dan budaya lain.
Orang Yunani kuno bertemu dengan peradaban dan budaya lain melalui perdagangan, penaklukan, dan kolonisasi. Saat itulah terjadi sinkretisme Agama dewa-dewi dalam mitologi Yunani.
Sinkretisme Agama dicirikan dengan percampuran dan asimilasi berbeda dari budaya dan wilayah yang berbeda. Orang Yunani sering mengakui dewa asing sebagai dewa yang setara dengan salah satu dewa mereka.
Orang Yunani kemudian menggabungkan praktik keagamaan dan kepercayaan dari kedua agama secara bersamaan.
Sinkretisme Agama memungkinkan lanskap keagamaan yang lebih saling berhubungan. Di seluruh dunia Mediterania kuno, ini dipraktikkan oleh berbagai peradaban lain seperti Romawi, Fenisia, Mesir, dan lain-lain.
Hal itu karena sebagian besar peradaban kuno bersifat politeistik, cenderung ada lebih sedikit penghalang yang mencegah percampuran keyakinan agama dan menyembah dewa-dewa baru.
Sinkretisme agama Yunani Kuno
Saat negara-kota Yunani terlibat dalam perdagangan, diplomasi, dan penaklukan, mereka berhubungan dengan peradaban tetangga. Seperti misalnya Mesir, Fenisia, dan Persia.
Interaksi ini mengarah pada identifikasi dan integrasi dewa-dewi asing dengan panteon Mitologi Yunani dan sebaliknya.
Contoh penting termasuk sinkretisme Zeus dengan Amun Mesir, menghasilkan dewa Zeus Ammon. Kemudian ada juga perpaduan pahlawan Yunani Herakles dengan dewa Melqart Fenisia.
Praktik sinkretisme Agama semacam itu memfasilitasi pertukaran budaya, mendorong lanskap keagamaan yang lebih saling berhubungan dan kosmopolitan di Yunani kuno.
Era Hellenistik, setelah penaklukan Alexander Agung, mempercepat sinkretisme agama di Yunani.
Saat budaya dari mitologi Yunani menyebar ke seluruh kerajaan Hellenistik yang luas, ia bercampur dengan tradisi agama lokal, memunculkan dewa hibrida dan ritual keagamaan.
Dewa-dewa Mesir seperti Isis dan Serapis mendapatkan popularitas di Yunani, sedangkan dewa-dewa Yunani seperti Apollo berasimilasi ke dalam panteon lokal.
Di luar evolusi agama, praktik sinkretisme Agama secara politis cerdik.
Misalnya, penguasa negara-negara penerus Hellenistik dari kekaisaran Alexander Agung mampu memperkuat legitimasi mereka di mata penduduk pribumi yang mereka kuasai. Memadukan dewa-dewa Yunani dengan dewa-dewa pribumi adalah salah satu caranya.
Penggabungan begitu banyak elemen agama di Mediterania kuno menyebabkan interaksi kepercayaan dan praktik yang penuh warna.
Seperti yang ditulis oleh arkeolog dan sejarawan Belgia Franz Cumont dalam bukunya yang terkenal, Agama-Agama Oriental dalam Paganisme kekaisaran Romawi. Ada perasaan "kekacauan agama" selama zaman kuno hingga pemerintahan Konstantinus dan doktrin agama monoteistik yang lebih seragam.
Zeus Amon
Zeus Ammon, juga dikenal sebagai Ammon-Zeus, adalah dewa sinkretis di Mesir kuno selama periode Hellenistik. Dewa campuran ini menggabungkan atribut dewa mitologi Yunani Zeus dengan dewa Mesir Amun.
Sinkretisme terjadi karena interaksi dan pengaruh budaya antara peradaban Yunani dan Mesir pada masa pemerintahan Alexander Agung dan penerusnya.
Amun adalah dewa penting dalam panteon Mesir, terkait dengan kerajaan, ciptaan, dan angin. Ibadahnya berpusat di Thebes (sekarang Luxor), dan dia sering digambarkan dengan kepala domba jantan atau mengenakan mahkota dengan bulu yang tinggi.
Di sisi lain, Zeus adalah raja para dewa mitologi Yunani, yang diasosiasikan dengan guntur, langit, dan kedaulatan.
Saat Alexander Agung dan pasukannya menaklukkan Mesir, perpaduan tradisi agama mitologi Yunani dan Mesir menjadi lebih jelas.
Identifikasi dewa Yunani dengan dewa Mesir adalah salah satu cara untuk mempromosikan integrasi budaya dan agama.
Dengan mengasosiasikan Amun dengan Zeus, orang Yunani mengakui kesamaan antara dua dewa yang kuat dan berusaha menjembatani kesenjangan antara keyakinan agama masing-masing.
Kultus Zeus Ammon memperoleh popularitas dan menyebar ke berbagai daerah selama periode Hellenistik dan kekaisaran Romawi.
Kuil didedikasikan untuk Zeus Ammon, terutama di oasis Siwa, tempat Oracle of Ammon-Zeus yang terkenal didirikan. Oracle ini menjadi terkenal, dan orang-orang dari berbagai latar belakang mencari bimbingannya.
Serapis
Serapis, juga dikenal sebagai Sarapis, adalah dewa Graeco-Mesir unik. Kultusnya didirikan pada abad ketiga SM oleh Firaun Yunani Ptolemy I Soter dari Kerajaan Ptolemeus di Mesir.
Penciptaan kultus Serapis bertujuan untuk mendorong persatuan antara orang Yunani dan Mesir di wilayahnya.
Raja-raja Ptolemeus dengan sengaja mempromosikan pemujaan Serapis sebagai masalah kebijakan yang disengaja, yang menyebabkan popularitasnya semakin meningkat selama Kekaisaran Romawi.
Pemujaan Serapis bahkan menggantikan Osiris sebagai permaisuri Isis di kuil-kuil di luar Mesir.
Untuk memastikan penerimaan yang lebih luas di kalangan orang Yunani, sebuah patung antropomorfik dipilih untuk mewakili Serapis. Meski patung itu menyimpang dari figur tradisional berkepala binatang yang umum dalam agama Mesir.
Patung ini, bernama Userhapi (artinya "Osiris-Apis"), dianggap mewujudkan esensi penuh Osiris daripada hanya ka (kekuatan hidup).
Herakles Melqart
Heracles-Melqart adalah dewa sinkretis yang muncul pada zaman kuno, memadukan unsur-unsur pahlawan mitologi Yunani Heracles (Hercules) dengan dewa Melqart Fenisia.
Perpaduan Agama ini terjadi karena interaksi budaya dan perdagangan antara peradaban Yunani dan Fenisia.
Heracles adalah tokoh terkemuka dalam mitologi Yunani, terkenal karena kekuatannya yang luar biasa dan banyak eksploitasi heroik.
Dia adalah simbol kepahlawanan dan keberanian. Di sisi lain, Melqart adalah dewa utama kota Tirus Fenisia, yang diasosiasikan dengan kekuatan maritim, perlindungan, dan kesuburan.
Ketika orang Yunani dan Fenisia terlibat dalam perdagangan dan diplomasi, keyakinan agama mereka pasti berinteraksi, yang mengarah pada identifikasi Melqart dengan Heracles.
Sinkretisme ini menekankan atribut umum dari kedua dewa, seperti sifat pelindung dan kepahlawanan mereka
Meski begitu, ada beberapa perdebatan tentang seberapa dekat Heracles dan Melqart. Sementara di Kekaisaran Romawi, Heracles menjadi Hercules dan itu figur yang sama.
Misalnya, sejarawan Megan Daniels berkomentar bahwa hubungan ini bukan sebagai persamaan yang sederhana dari Heracles dan Melqart.
"(Melainkan ada" sinkretisme jangka panjang dari dewa-pahlawan ini sebagai wakil dari ideologi bersama dan mentalitas budaya yang muncul dari interaksi dan upaya manusia di sekitar dunia Mediterania pada milenium pertama SM," katanya.
Source | : | Greek Reporter |
Penulis | : | Ricky Jenihansen |
Editor | : | Warsono |
KOMENTAR