Ingin Lebih Sehat? Lakukan 5 Kegiatan Sederhana Ini pada Pagi Hari

By Gregorius Bhisma Adinaya, Rabu, 12 Desember 2018 | 11:46 WIB
Peregangan badan setelah bangun dari tidur. (evgenyatamanenko/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Terbangun pagi hari dengan badan yang seakan "mau rontok", mungkin pernah dialami oleh semua orang. Berbagai kegiatan yang dilakukan pada hari itu pun menjadi korban atas kondisi badan yang kurang sehat.

Hal ini bisa saja terjadi akibat akumulasi hari-hari sebelumnya. Kondisi di atas sebenarnya bisa saja dihindari, tidak harus dengan cara yang rumit dan mahal. Beberapa kegiatan dapat Anda lakukan untuk memulai membangun badan yang lebih sehat.

Menurut ahli nutrisi, pelatih kebugaran, dan guru yoga, beberapa kebiasaan ini akan menjadikan hidup anda jauh lebih sehat dan menyenangkan.

Baca Juga : Indonesia dan Berbagai Perayaan Natal Unik, Ngejot Hingga Kunci Taon

1. Minum air

Ilustrasi minum air (Thinkstock)

“Saat bangun tidur, tubuh kita membutuhkan air untuk mengganti cairan yang hilang,” ujar Alissa Rumsey, MS, RD, konsultan diet dari New York. “Pasalnya sedikit saja dehidrasi bisa mengakibatkan rasa lemas, malas, dan memperlambat metabolisme. Dengan minum cukup air di pagi hari, kita bisa memompa tenaga kita.

2. Pejamkan mata dan meditasi

Mencegah stres dengan meditasi. (agsandrew/Getty Images/iStockphoto)

Kegiatan ini sebenarnya serupa dengan berdoa pada pagi hari. Dengan duduk sejenak dan mensyukuri kehidupan, atau merasakan suasana pagi bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus Anda. Dampak lainnya adalah tubuh akan membangun mekanisme untuk bertahan dari stres sepanjang hari itu.

“Riset menunjukkan bahwa meditasi bisa memengaruhi otak kita dan menghidupkan area yang terkait dengan kesadaran, empati, pembelajaran, ingatan, dan welas asih. Sekaligus memadamkan area yang terkait dengan rasa takut, cemas, dan stres,” ujar Kara Lydon, guru yoga dari Boston.

3. Makan buah dan sayuran