Mengenal Safetyman, Ujung Tombak Tenaga Keamanan di Tempat Risiko Tinggi

By National Geographic Indonesia, Jumat, 14 Desember 2018 | 10:58 WIB
Safetyman tengah bertugas di area risiko tinggi. (Amri Rachman)

Nationalgeographic.co.id - Program pemberdayaan masyarakat yang digagas Pertamina RU VI Balongan berhasil mencetak tenaga kerja muda berkualitas. Perusahaan yang bergerak di bidang Migas berisiko tinggi itu mampu “menyulap” mereka yang pada awalnya tidak bekerja menjadi ujung tombak keberlangsungan keselamatan di kawasan kilang.

Sebagai perusahaan yang bergerak di industri Migas, Pertamina RU VI Balongan tidak ingin terjadi sesuatu yang membahayakan di area sekitar kilang. Karena itu, faktor keselamatan menjadi hal mutlak yang harus dilakukan. Terlebih lokasi kilang tidak terlalu jauh dengan permukiman.

Sambil menyelam minum air, Pertamina mengajak pemuda sekitar untuk belajar dan berlatih menjadi Safetyman. Dapat kemampuan baru, dan juga mendapat kesempatan besar untuk bekerja.

Baca Juga : Perjuangan Mengentaskan Gizi Buruk dengan Ojek Makanan Balita

Proses pembentukan Safetyman sendiri tidak mudah. Butuh proses panjang. Karena tidak semua pemuda yang tinggal di kawasan kilang memiliki keterampilan di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Pada tahun 2011, bekerja sama dengan Disnaker Kabupaten Indramayu, pelatihan Safetyman pun diadakan. Bukan proses yang singkat untuk menjadi tenaga pengaman yang andal. Calon Safetyman harus melewati rangkaian tes yang terdiri dari psikotes, wawancara internal, dan Medical Check Up (MCU).

Agung Darmawan, Safety Section Head Pertamina RU VI Balongan mengatakan, pembentukan Safetyman merupakan bagian dari program CSR Pertamina RU VI Balongan dalam bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). “Di samping tentu kebutuhan pertamina itu sendiri,” jelas Agung.

Agung menambahkan, pembentukan Safetyman dilakukan untuk mengawal seluruh tahapan proses yang berlangsung di Kilang RU VI Balongan berjalan dengan aman tanpa adanya insiden apa pun. Sekaligus sebagai bagian dari program Pertamina RU VI Balongan dalam upaya memberdayakan masyarakat sekitar area kilang.

(Amri Rachman)

Sebagai ujung tombak keselamatan  perusahaan, tugas utama Safetyman adalah memastikan area kerja tadi aman, serta tidak ada risiko terjadinya kecelakaan. “Tugasnya mengawasi proses keselamatan di area kilang agar berjalan sebagaimana mestinya. Termasuk menjalankan tugas pengawasan aspek-aspek keselamatan kerja, aspek-aspek Health, Safety and Environmental (HSE) secara keseluruhan untuk menciptakan HSE excellence,” terang Agung.

Selain melakukan pengawasan, Safetyman juga diperbolehkan melakukan intervensi langsung terhadap pekerja yang dinilai bertindak tidak aman. Jika terjadi insiden, misalnya kebakaran, dengan sigap Safetyman dapat langsung melakukan aksi di lapangan.

Baca Juga : Sakuntala, Sari Jamu Kunyit Nan Segar dari KEM Kolok Bengkala untuk Desa

Safetyman juga bertindak sebagai informan yang melaporkan langsung apabila terjadi insiden di area kerjanya. “Safetyman sudah mendapat pelatihan akan segala risiko bahaya yang kemungkinan terjadi di industi kilang minyak,” kata Agung.