Mengikuti Tradisi, Keluarga Ini Hidup dengan Hyena Puluhan Tahun

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 20 Desember 2018 | 16:12 WIB
Abbas dikenal dengan sebutan Pria Hyena. (Brian Lehmann/National Geographic)

Nationalgeographic.co.id - Di tengah kegelapan di kota Harar, Ethiopia, lima hyena kelaparan mengelilingi seorang pria yang duduk di tanah. Telinganya yang seperti kelelawar bergerak maju dan mundur, sementara rahang mereka berusaha melenturkan gigi sebagai tanda siap makan.

Meski hyena dikenal sebagai salah satu pemburu paling kejam di dunia, tapi itu tidak berlaku di Harar. Di kota kecil tersebut, para penduduk tidak takut sama sekali dengan hyena.

Seorang pemuda mengelurkan daging dari keranjang dan memutar-mutarnya di udara. Alih-alih melompat untuk menyerang, seekor hyena datang ke depan dan mengambil langsung dari tangan pemuda dengan ketenangan layaknya anjing peliharaan.

Baca Juga : Ilmuwan Temukan 229 Spesies Baru Sepanjang 2018, Ini yang Terfavorit

Abbas Yusuf, yang dikenal sebagai Pria Hyena, belajar memberi makan makhluk buas ini dari ayahnya, Yusuf Mume Salleh. Selama bertahun-tahun, tradisi hidup dan memberi makan hyena ini masih berlangsung di keluarga mereka dan bahkan menjadi objek wisata yang populer. Hubungan kedua jenis makhluk hidup ini pun sangat mendalam.

Bagi fotografer Brian Lehmann, yang menghabiskan waktu untuk mendokumentasikan fenomena tersebut, koneksi binatang buas dengan keluarga Abbas sangat menarik.

"Saya takjub dengan hubungan mereka," ujar Lehmann.

"Semua orang di dunia selain di Harar, sangat takut kepada hyena karena hewan ini bisa mengunyah Anda dalam hitungan menit," imbuhnya.

Abbas dikelilingi lima hyena yang kelaparan. (Brian Lehmann/National Geographic)

Kota Harar memiliki sejarah panjang terkait hidup dengan damai bersama hyena. Menurut keterangan penduduk setempat, berabad-abad lalu, hewan ini kerap menyerang dan membunuh orang-orang di sana.

Untuk mengatasinya, para warga kemudian membolongi salah satu tembok di Harar dan melemparkan sisa-sisa makanan melalui lubang itu. Hyena pun mulai mengonsumsi makanan tersebut dan tidak menyerang manusia.

(Brian Lehmann/National Geographic)