Natal Tiba, Inilah Tradisi Kerajaan Inggris dalam Menyambut Natal

By Gregorius Bhisma Adinaya, Sabtu, 22 Desember 2018 | 10:00 WIB
Keluarga kerajaan Inggris. (Samir Husein/WireImage)

Nationalgeographic.co.id - Dalam merayakan Natal, setiap orang memiliki cara dan ritual masing-masing. Ada yang merencanakan berwisata dan beribadah Natal di negeri orang, dan ada juga yang merayakannya di rumah bersama dengan orang-orang terdekat.

Tidak berbeda dengan orang lain, keluarga kerajaan Inggris pun juga memiliki tradisi dalam menyambut datangnya hari Natal. Darren McGrady, seorang mantan juru masak kerajaan pernah mengungkapkannya.

Tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, keluarga kerajaan akan pergi menuju Sandringham House, tempat tinggal pribadi di Norfolk. Di sana, mereka akan menghabiskan dua hari sebagai bagian dari liburan Natal.

Penuh dengan ornamen mahal dan mewah? Mungkin itu bayangan Anda, tetapi faktanya, tempat yang sederhana—untuk standar keluarga kerajaan—ini tidak memiliki hiasan-hiasan yang berlebihan.

Baca Juga : Mengikuti Tradisi, Keluarga Ini Hidup dengan Hyena Puluhan Tahun

McGrady mengatakan bahwa Ratu Elizabeth bukan tipikal orang yang suka memilih dekorasi secara berlebihan. Sehingga bisa dibilang, dekorasi di sana cenderung minim. Meski begitu, rumah ini indah dan memiliki taman yang luas.

“Keluarga kerajaan memiliki pohon Natal yang besar dan pohon Natal berwarna perak besar di ruang makan, yang berusia sekitar 30 tahun,” ucap McGrady.

Mengenai tradisi, mungkin hal ini bisa Anda bayangkan. Bila Anda membayangkan jamuan minum teh, seperti yang selalu dilakukan oleh anggota kerajaan Inggris, maka Anda benar. Mereka akan mengadakan kegiatan jamuan minum teh pada sore hari.

Sementara itu, pada hari Natal, sama seperti orang lain yang merayakan Natal, mereka akan pergi ke gereja dan mengikuti ibadah ekaristi.

Sepulang mengikuti ibadah di gereja, keluarga kerajaan biasanya akan mengadakan jamuan makan dengan menu yang sama dari tahun ke tahun. Saat makan siang, mereka akan mengadakan jamuan makan salad dengan udang atau lobster dan kalkun panggang.

Tidak hanya dua makanan mewah di atas, anggota keluarga kerajaan juga akan mengonsumsi hidangan tradisional, seperti parsnips, wortel kubis Brussel, dan puding Natal dengan saud brandy butter sebagai hidangan penutup.

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip. (Getty Images)